SDN 7 Wawonii Barat Jadi Jawara Tingkat Sultra di Kompetisi Ki Hajar STEM Bassic

Keterangan Gambar : Tiga Siswa Perwakilan SD Negeri 7 Wawonii Barat yang Mengikuti Kompetisi Ki Hajar STEM Bassic

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Ki Hajar STEM (Kita Harus Belajar) merupakan wadah eksplorasi untuk peserta didik pada satuan pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK untuk berpikir kritis, kreatif.

Selain itu siswa juga diharapkan mampu berkolaborasi dan berkomunikasi dalam mengembangkan proyek atau menyelesaikan masalah yang terjadi di kehidupan sehari-hari berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) dalam mendukung penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Peserta dalam kompetisi ini adalah tim yang terdiri dari 3 peserta didik dari satuan pendidikan SD (kelas 4, 5 dan 6), SMP (kelas 7, 8 dan 9), SMA (kelas 10, 11 dan 12), dan SMK (kelas 10, 11 dan 12) dari 38 provinsi di Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri Tahun Ajaran 2023-2024. Setiap tim didampingi oleh satu guru pendamping (satu guru pendamping bisa mendampingi lebih dari satu tim).

Salah satu tahapan dalam Ki Hajar STEM ini adalah Kihajar STEM Basic. Tahapan ini merupakan seleksi pertama pada pelaksanaan Kihajar STEM. Setiap tim berkompetisi sesuai jenjang dengan tim lain di provinsi dan negara masing-masing (untuk SILN).

Pada tahap ini, peserta dengan 1 tim yang terdiri dari 3 siswa mengerjakan 20 soal secara daring yang berkaitan dengan science, technology, engineering, dan mathematics yang sesuai dengan kurikulum di sekolah dengan bobot mudah dalam waktu 90 menit.

Tim yang lolos ke tahap Kihajar STEM Intermediate adalah 20 tim dengan nilai terbaik per jenjang per provinsi dan akan diumumkan pada laman https://kihajar.kemdikbud.go.id.

Dari hasil seleksi tersebut, khususnya untuk Provinsi Sulawesi Tenggara jenjang Sekolah Dasar, SD Negeri 7 Wawonii Barat menjadi jawara di Kihajar STEM Bassic. Sekolah asal Kabupaten Konawe Kepulauan ini mengirimkan 1 tim dengan 3 peserta didik diantaranya yaitu Muh. Reyhan Garusu, Dani Sarqaw dan Ulfa Ramadani. Sedangkan guru yang menjadi pendamping siswa tersebut adalah Nardis, S.Pd., M.Pd.

“SD Negeri 7 Wawonii Barat menjadi jawara di Kihajar STEM Bassic setelah berhasil memperoleh nilai tertinggi yang disusul dengan SD Islam Terpadu Wihdatul Ummah di Kolaka dan SD Negeri 1 Wawotobi di Konawe,” ujar Nardis selaku pendamping siswa SDN 7 Wawonii Barat, Selasa (8/8/2023).

Rekap Hasil Basic Provinsi Sulawesi Tenggara Tingkat SD

Rekap Hasil Basic Provinsi Sulawesi Tenggara Tingkat SD

Nardis juga mengatakan, keberhasilan ini tidak terlepas dari usaha bersama satuan pendidikan dibawah naungan Pemerintah Daerah Konawe Kepulauan yang mendukung penuh kegiatan ini dan semangat para siswa yang giat belajar dengan mempelajari soal-soal yang ada di Youtube.

“Selanjutnya kami akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu Kihajar STEM Intermediate, semoga bisa memberikan yang terbak, mohon doanya,” pungkasnya.

Laporan: Jarman

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *