Keterangan Gambar : Aparat Kepolisian Saat Memperlihatkan Barang Bukti

5 Pelaku Diduga Pemakai dan Pengedar Narkoba di Konkep Berhasil Diringkus Polisi

Potretsultra

KONKEP – Kepolisian Sektor (Polsek) Wawonii Kecamatan Wawonii barat Kabupaten konawe Kepulauan (Konkep) berhasil meringkus 5 pelaku yang diduga kuat sebagai pengedar dan pemakai Narkoba di wilayah Konkep.

Hal ini dikatakan oleh Kapolsek Wawonii AKP Syamsir Nasir, SH melalui siaran persnya melalui akun Facebook Polsek Wawonii.

“Pada minggu 17 November 2019 malam, sekitar pukul 22.00 Wits, Ka SPK Polsek Wawonii bersama anggotanya dan Polsek Wawonii Tengah berhasil melakukan tangkap tangan terhadap JA (41), S (44), IS(38), IJ(29) warga langara iwawo saat melakukan pesta sabu-sabu,” kata Kapolsek Wawonii AKP Syamsir Nasir, SH, Senin (18/11/2019).

Dia mengungkapkan, pelaku berhasil diamankan bersama barang bukti berupa 1 buah bong + pirex, 1 buah saset bekas bungkus shabu paket 200 rb, 3 buah korek api, 1 buah sedotan kecil untuk pembakar shabu, 2 lembar kertas alumunium foil, 1 unit hp samsung J2 Prime warna hitam, 1 unit HP samsung putih, 1 unit HP Nokia warna hitam, dan uang tunai sebesar Rp. 2.036.000.

Lanjut Syamsir Nasir, penangkapan pelaku terjadi awalnya pada Minggu (17/11/2019) kemarin sekitar Pukul 21.00 Wita. Ka SPKT III Bripka Yudhistira menerima telepon dari warga Desa Langara Iwawo akan adanya warga yang sedang melaksanakan pesta shabu di Desa Langara Iwawo Kecamatan Wawonii Barat. Kemudian Ka SPKT bersama Bripka Abdillah dan Brigadir Muh Arsi, SH mengecek akan kebenaran berita tersebut. Di lokasi, aparat kepolisian berhasil mendapati 4 orang yang telah melakukan pesta shabu.

“Kemudian keempat orang tersebut diamankan di Mapolsek Wawonii,” jelasnya.

Dari keterangan yang didapatkan, tambah Syamsir Nasir, bahwa shabu tersebut diperoleh dari HB (25), warga Desa Lamongupa Kecamatan Wawonii Tengah.
Sehingga berdasarkan keterangan tersebut sekitar Pukul 22.30 Wita piket Mapolsek Wawonii menghubungi Polsek Wawonii Tengah untuk mengamankan pelaku yang diduga pengedar Narkoba. Aparat berhasil melakukan pengembangan serta mengamankan HB di Desa Lantula Kecamatan Wawonii Barat.

Dari pelaku, kata Syamsir Nasir, ditemukan barang bukti berupa 1 buah paket kecil yang diduga shabu, 1 unit HP Oppo A5S warna hitam, 1 unit HP Samsung lipat warna hitam,
Uang tunai sebsar Rp. 1.300.000 (hasil penjualan shabu tgl 17 November 2019), dan
Uang tunai sebesar Rp. 3.250.000.

“Selanjutnya HB(25) dan keempat orang lainnya diamankan di Mako Polsek Wawonii,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, ujar Syamsir Nasir, pelaku telah melanggar pasal 132 ayat (1) sub Pasal 114 ayat (2) sub Pasal 112 ayat (2) 127 ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun.

“Saya ingin Tanah Wawonii yang dijuluki sebagai Pulau Kelapa bersih dari virus Narkoba. Tentunya Polres dan Polsek setempat tidak bisa bekerja sendiri, seluruh stakeholder dan komponen masyarakat harus ikut peduli,” ujarnya.

Ditegaskan, Syamsir Nasir, bagi warga yang mencurigai dan mengetahui ada salah satu warga yang melakukan transaksi atau memakai narkotika dan sejenisnya silahkan laporkan ke polsek setempat. Pihaknya memastikan akan melindungi dan merahasiakan identitas pelapor.

“Peran masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri dan lingkungannya. Jika ada indikasi orang terdekatnya sebagai pecandu Narkoba, segera beritahukan ke Polres atau Polsek terdekat,” pungkasnya.

Dalam pantauan Potretsultra.com, kelima pelaku terduga pengedar dan pemakai Narkoba di wilayah Konkep tersebut sedang dibawa menuju Kota Kendari dengan menggunakan Kapal Fery penyebrangan Langara – Kendari.

Laporan: Redaksi

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *