10 Tuntutan Mahasiswa Sambut Kedatangan Jokowi ke Sultra

Front Mahasiswa Sultra Deklarasikan 10 Tuntutan (Foto: Muhammad Rusmin)
Keterangan Gambar : Front Mahasiswa Sultra Deklarasikan 10 Tuntutan (Foto: Muhammad Rusmin)

KENDARI – Rencana kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo ke Sulawesi Tenggara (sultra) bakal disambut mahasiswa dengan aksi besar-besaran.

Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Front Mahasiswa Sultra akan menjemput Calon Presiden (Capres) nomor urut satu itu dengan 10 tuntutan. Tuntutan ini telah dideklarasikan oleh lima lembaga sekaligus di salah satu Warkop di Kendari, Rabu Malam (27/2/2019).

Kelima lembaga itu adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari yang diwakili langsung Presiden Mahasiswanya Maco. Disusul Badan Koordinasi (Badko) HMI Sultra yang diwakili Sekretaris Badko Arsadam Moita, Gerakan Persatuan Mahasiswa Indonesia (GPMI) diwakili oleh Alfin, Barisan Aktivis Keadilan Indonesia (Bakin) Sultra oleh La Munduru, Lembaga Pusat Kajian Kebijakan Publik (LPKKP) oleh Laode Tandowuna.

10 tuntutan itu dibacakan langsung oleh Koordinator Front Mahasiswa Sultra, Maco dalam deklarasinya yang didampingi oleh lima pimpinan lembaga mahasiswa di Sultra.

Menurut Maco, 10 tuntutan itu bukan merupakan bentuk penolakan terhadap Presiden RI Joko Widodo yang hendak berkunjung ke Sultra. Namun pihaknya meminta kepada Jokowi untuk merealisasikan tuntutan dari Fron Mahasiswa Sultra itu.

“Ini bukan kami tolak kedatangannya, tapi kami minta agar janji-janjinya segera direalisasikan, termasuk sepuluh tuntutan kami,” ucap Maco.

Di tempat yang sama, Sekretaris Badko HMI Sultra, Arsadam Moita juga mengatakan, pihaknya bakal menyambut kedatangan Joko Widodo ke Bumi Anoa ini dengan sangat antusias. Rencananya, kata Arsadam kesepuluh tuntutan itu akan diserahkan langsung ke Presiden RI Joko Widodo saat bertandang ke Sultra.

“Kami akan usahakan rekomendasi kami yang terangkum dalam 10 tuntutan ini dapat sampai ke tangan Pak Jokowi, jika tidak mampu menerobos barisan pengawal maka kami akan menitipkan rekomendasi itu, yang jelas harus sampai ke tangan Pak Jokowi,” jelas Arsadam.

Untuk diketahui, berikut 10 tuntutan Front Mahasiswa Sultra dalam menyambut kedatangan Presiden RI, Joko Widodo.

  1. Sejahterakan rakyat Indonesia
  2. Turunkan harga BBM
  3. Tolak tenaga kerja asing
  4. Stop impor
  5. Turunkan harga kebutuhan pokok
  6. Stop utang luar negeri
  7. Stabilkan perekonomian
  8. Gratiskan biaya pendidikan dan kesehatan
  9. Kuasai kembali aset-aset negara
  10. Menuntut presiden melunasi janji kampanye tahun 2014

Laporan: Muhammad Rusmin
Editor: Jubirman

One Ping

  1. Pingback: Diduga HMI Badko Sultra Dicatut, Eko Hasmawan Ancam Pecat Pelaku | Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *