Wisata Kapal Boti Busel Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia Award 2022

Pemandangan Wisata Kapal Boti di Pantai Lagunci
Keterangan Gambar : Pemandangan Wisata Kapal Boti di Pantai Lagunci

BUTON SELATAN – Kapal Boti di Pantai Lagunci yang terletak di Desa Bahari Tiga Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan (Busel) masuk dalam nominasi Anugerah Pesonah Indonesia (API) Award 2022.

Kapal Boti Pantai Lagunci di Busel itu merupakan satu-satunya dari perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk kategori destinasi kreatif pada nominasi API Award 2022 itu. Diketahui ada 18 kategori pada nominasi API Award 2022 ini. Dari 18 kategori ini, terdapat 12 kategori yang didalamnya masuk daerah-daerah wilayah Sultra.

Untuk kategori destinasi kreatif, ada 10 destinasi se-Indonesia yang terpilih pada Anugerah Pesona Indonesia Award tahun ini. Wisata Kapal Boti Pantai Lagunci di Buton Selatan tersebut masuk di urutan ke 5 dari 10 destinasi yang terpilih.

Kepala Desa Bahari Tiga, Tasman, S.Pd mengaku akan terus melakukan pembenahan agar wisata Kapal Boti Pantai Lagunci terus berkembang dan banyak menarik wisatawan yang berkunjung.

“Ini awal dari sebuah perjuangan, kedepannya kami akan berbenah lagi demi perkembangan wisata boti Lagunci. Sehingga kedepannya para pengunjung akan merasa puas dan ingin kembali lagi berwisata di wisata boti Lagunci,” ujar Tasman kepada Potretsultra.com, Minggu (15/5/2022).

Agar memenangkan dalam nominasi API Award 2022 ini, lanjut Tasman, maka pihaknya akan bergerak mempromosikan destinasi wisata Kapal Boti Pantai Lagunci baik secara online maupun offline. Ia juga akan bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), para pelaku dan pemerhati pariwisata untuk ikut turun tangan bergerak mempromosikan salah satu destinasi wisata Buton Selatan tersebut.

“Kami akan berkoloborasi dengan komunitas-komunitas para pelaku dan para pemerhati wisata, sehingga wisata Kapal Boti Lagunci lebih dikenal lagi, baik tingkat nasional maupun internasional,” jelasnya.

Tasman sangat mengharapkan dukungan baik Pemerintah daerah Buton Selatan maupun Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara agar ikut serta melakukan pembinaan dan mengembangkan seluruh destinasi wisata di Busel, termasuk destinasi kreatif Kapal Boti Pantai Lagunci

“Harapan kami kepada Pemda kabupaten maupun Pemprov, mari kita bina dan kembangkan wisata Sultra, khususnya wisata boti Lagunci dengan baik lagi, baik dari segi fasilitas maupun segi promosi sehingga wisata lebih dikenal luas secara internasional,” harapnya.

Untuk diketahui, berikut 10 destinasi kreatif yang masuk dalam nominasi API Award 2022.

  1. Agrowisata Tanjung Sakti (Kabupaten Lahat)
  2. Asia Heritage (Kota Pekanbaru)
  3. De Blado Tea Center (Kabupaten Batang)
  4. Kaisanti Garden (Kota Tomohon)
  5. Kapal Boti Pantai Lagunci (Kabupaten Buton Selatan)
  6. Kayutangan Heritage (Kota Malang)
  7. Obelix Hills (Kabupaten Sleman)
  8. Pulau Dua (Kabupaten Aceh Selatan)
  9. Saung Eling (Kota Bogor)
  10. Taman Bunga Anugerah (Kota Bengkulu)

Laporan: Said

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *