Warga Konkep Mau Keluar Daerah, Penuhi Tiga Syarat Ini

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Perhubungan Konkep, Harsin Abdul Rahim

KONAWE KEPULAUAN – Jika sebelumnya masih banyak warga Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) yang dengan mudah keluar daerah, kini makin diperketat.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Konkep mengeluarkan himbauan agar warga yang hendak keluar daerah wajib menunjukkan sejumlah persyaratan. Diantaranya dapat menunjukkan identitas diri berupa KTP atau tanda pengenal sah lainnya, serta beberapa surat.

“Himbauan ini sesuai Surat Edaran Dirjen Perhubungan Laut tentang petunjuk operasional transportasi laut untuk pelaksanaan pembatasan perjalanan orang dlm rangka percepatan penanganan Covid-19,” ujar Kepala Dishub Konkep, Harsin Abdul Rahim kepada Potretsultra.com, Selasa (19/5/2020).

Lanjut Harsin, calon penumpang yang hendak keluar derah diwajibkan menunjukan 9 item persyaratan yakni identitas diri, surat keterangan negatif Covid-19 berdasarkan Rapid Test atau surat keterangan sehat dari Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas
Kata Harsin, atau klinik kesehatan yang masih berlaku.

Bagi penumpang dari para pegawai ASN, TNI, Polri, maka harus dapat menunjukkan surat tugas yang ditandatangani miniml oleh pejabat setingkat eselon II. Sedangkan penumpang dari pegawai BUMN, BUMD/ atau perusahaan swasta harus menunjukkan surat tugas yang ditandatangani oleh direksi atau kepala kantor.

Untuk para penumpang yang tidak mewakili lembaga pemerintah atau swasta, maka harus membuat surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai dan dietahui oleh lurah atau kepala desa setempat. Sedangkan untuk penumpang dari luar negeri harus menunjukkan surat keterangan dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia atau perwakilan RI di luar negeri.

Kemudin untuk pasien yang akan melakukan pengobatan di tempat lain harus menunjukan surat rujukan dari rumah sakit. Sedangkan bagi penumpang dengan kepentingan mengunjungi keluarga yang meninggal dunia, maka harus menunjukkan surat keterangan kematian dari tempat almarhum atau almarhumah.

Untuk para mahasiswa atau pelajar yang hendak keluar daerah harus menunjukkan surat keterangan dari universitas atah sekolah yang dituju.

“Berdasarkan hasil rapat Kadishub Provinsi dengan KSOP serta mitra perhubungan bahwa dari 9 item itu ada 3 yang utama dipenuhi yaitu punya identitas, ada keterangan sehat atau sudah rapit tes dinyatan negatif, dan harus menunjukkan salah satu surat sesuai himbauan,” jelas Harsin.

Harsin menerangkan, himbauan ini untuk menginformasikan kepada keluarga yang utamanya akan mudik agar menyiapkan dokumen ini agar tidak mengalami kesulitan pulang. Apalagi di daerah-daerah yang sudah dinyatakan zona merah.

“Himbauan ini sudah mau diterapkan minggu depan,” terangnya.

Harsin menyarankan agar warga Konkep daat menunda dulu mudik dan ikuti anjuran pemerintah. “Mari kita sama-sama menjaga diri kita, keluaga kita dan saudara-saudara kita serta seluruh masyarakat yang ada di Wawonii agar kita terhindar dari Covid-19. Semoga sampai berakhir Covid-19 kita masih bersih dari virus ini,” harapnya.

Sementara itu Kepala KSOP Kelas II Kendari, Letkol Marinir Benymin Ginting mengatakan pemeriksaan kesehatan secara ketat ini sejalan dengan Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Penangangan Covid-19 Pusat Nomor 4/2020 serta Surat Edaran Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Nomor 21/2020, dimana ada beberapa kriteria penumpang di kapal laut.

“Bagi penumpang untuk berangkat maka harus memenuhi tiga persyaratan. Pertama dia harus memliki identitas diri KTP, SIM atau lainnya nanti akan diperiksa. Kedua surat keterangan bebas Covid atau surat keterangan berbadan sehat dan ketiga surat tugas bagi ASN,TNI, Polisi maupun pegawai lainnya. Tidak akan bisa berangkat jika tidak memenuhi kriteria ini,” kata Benyamin seperti dikutip dari Penasultra.id.

Kendati begitu, Kepala KSOP ini mengaku keputusan ini masih dibutuhkan waktu sehingga bisa diketahui oleh seluruh masyarakat. Menurutnya, tim gabungan ini masih memberikan kelonggaran kepada penumpang. Akan tetapi, pihaknya berjanji mulai pekan depan aturan ini akan diberlakukan secara ketat dan tanpa toleransi apapun.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *