Video Viral Upacara Proklamasi, Bendera Merah Putih Terjatuh Ke Tanah

Potongan video bendera merah putih jatuh (Foto: Said)
Keterangan Gambar : Potongan video bendera merah putih jatuh (Foto: Said)

KENDARI – Insiden bendera merah putih terjatuh ke tanah saat upacara pengibaran bendera HUT RI ke 73 beredar di Sosial Media (Sosmed).

Di video itu terlihat saat sang saka merah putih telah berada di puncak tiang bendera, tiba-tiba saja bendera itu terlepas dari tiangnya dan terjatuh ke tanah. Diduga, insiden sang saka merah putih terjatuh itu terjadi di Kabupaten Buton Selatan.

Pemilik akun Facebook Afdal juga ikut memposting kejadian itu. Saat dikonfirmasi, dirinya mengakui bahwa insiden terjatuhnya bendera ke tanah saat upacara HUT RI ke 73 itu terjadi di Kabupaten Buton Selatan.

“Iya, memang video yang beredar itu kejadiannya di Buton Selatan,” kata Afdal, Sabtu (19/08/2018).

Menurut Afdal, insiden terjatuhnya sang saka merah putih di upacara HUT Kemerdekaan RI ke 73 ini dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani.

“Upacara itu memang dipimpin langsung pak Plt Bupati Busel,” terangnya.

Afdal menambahkan, pasca bendera terjatuh ke tanah ada salah satu pegawai magang dari Pasukan Tagana yang memanjat tiang bendera untuk mengambil tali yang tersangkut.

“Setelah terjatuh, ada pegawai magang dari pasukan tagana yang panjat ambil tali yang tersangkut, kemudian bendera dinaikan kembali dari awal,” jelasnya.

Namun pada saat itu, lanjut Afdal, diduga ada perintah dari Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menghapus semua video yg direkam saat insiden itu.

BACA JUGA:Begini Makna HUT RI ke 73 bagi Kadis Kominfo Konkep

“Pada saat itu ada perintah dari Pemda untuk menghapus semua pengambilan gambar atau video dan ada ancaman untuk tidak bisa dipublikasikan,”

“Padahal ada anak bangsa dengan kesatria berani mengambil resiko memanjat tiang bendera sampai di ujung demi merah putih tetap berkibar,” sambungnya.

Pemilik akun Facebok La Ode Ruslan Gamba juga ikut berkomentar di postingan milik Afdal. Kata dia, meski berusaha ditutupi dan tidak dipublikasikan namun video itu sudah beredar luas di Sosmed.

“Biar ditutupi kejadian ini tetap sudah tersebar video jatuhnya bendera di Lapangan Lakarada pada saat memperingati HUT Proklamasi yang ke 73 di Buton Selatan,” kata Ruslan dalam komentarnya.

Laporan: Said

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *