Verfak di Konkep, Ketua KPU Sultra Minta Jaga Jarak Aman

Keterangan Gambar : Ketua KPU Provinsi Sultra, La Ode Abdul Natsir (Foto: IST)

KENDARI – Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menjadi satu-satunya daerah yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah dengan diramaikan calon jalur perseorangan yakni pasangan Abdul Halim dan Untung Taslim

Dalam menjalankan verifikasi faktual, para petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) harus tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Hal ini ditegaskan langsung oleh Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir dalam keterangan persnya, Selasa (30/6/2020).

Dalam bekerja, kata komisioner KPU yang akrab dengan sapaan Bang Ojo ini, PPS wajib menjaga jarak aman dengan pendukung dan dilarang melakukan kontak fisik dan melakukan jabat tangan dengan pendukung. Bila pendukung akan mengisi dan/ atau membubuhkan tanda tangan atau menyatakan tidak mendukung dalam formulir yang disediakan, harus menggunakan alat tulis sendiri.

“Kalau pendukung tidak punya alat tulis, bisa pakai alat tulis PPS, yang langsung disterilkan setelahnya,” terangnya.

Tambah Bang Ojo, apabila pendukung menyatakan tidak memberikan dukungannya, tetapi tidak bersedia mengisi lampiran berita acara, yang bersangkutan dapat menyatakan tidak memberikan dukungan dengan menggunakan teknologi informasi. Caranya, isi dan teken Lampiran Berita Acara Model BA.5-KWK Perseorangan yang diunduh melalui laman KPU Kabupaten/Kota, lalu kirimkan melalui surat elektronik atau media daring petugas PPS.

“Dalam memastikan kesiapan pendukung untuk dilakukan verifikasi faktual, PPS berkoordinasi dengan Bakal Pasangan Calon perseorangan dan/atau tim penghubung Bakal Pasangan Calon untuk menentukan kelurahan/ desa atau sebutan lain yang terlebih dahulu dilaksanakan verifikasi faktual,” ucapnya.

Laporan: Redaksi

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *