Tinjau Lokasi Banjir di Kompleks Mekar Asri, Ketua DPRD Kendari: Segera di Bangun Talud dan Drainase Untuk Dianggarkan 2021

Keterangan Gambar : Ketua DPRD Kendari Subhan ST, bersama Ketua Komisi III Kendari LM Rajab Jinik beserta rombongan, dan Kadis PU PR Kendari, Camat Lurah dan Stakeholder turun lansung melakukan peninjauan lapangan yang menimbulkan banjir dikawasan tersebut, Selasa (7/7/2020)

KENDARI– Kondisi Kompleks BTN Mekar Asri RT 024 RW 003 Kelurahan Lepo-lepo Kecamatan Baruga Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, sangat memprihatinkan saat musin penghujan tiba, banjir mulai mengguyur didaerah itu, hingga membawa kewas-wasan warga yang mendiami sekitaran kompleks.

Selain yang menyebabkan langganan banjir, dengan banyaknya anak sungai yang mengelilingi area tersebut, juga bertambahnya perumahan dikawasan itu, sehingga limbah mulai merembes dilokasi yang ditempati warga.

 

Jika Kondisi tersebut dibiarkan berlarut-larut tanpa ada solusi reaksi cepat dari pemerintah setempat, maka akan berdampak lebih besar kedepanya. Oleh karena itu, untuk memastikan aduan warga ke DPRD Kota Kendari pekan lalu. Ketua DPRD Kendari Subhan ST, bersama Ketua Komisi III Kendari LM Rajab Jinik beserta rombongan, dan Kadis PU PR Kendari, Camat Lurah dan Stakeholder turun lansung melakukan peninjauan lapangan yang menimbulkan banjir dikawasan tersebut.

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengungkapkan kunjungan kali ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kota dalam menjawab aspirasi masyarakat dalam penanganan banjir.

“Setelah kami tinjau, bahwa memang kondisi BTN Mekar Asri ini agak rendah dan disekelilingnya agak tinggi jadi ini butuh perencanaan, sehingga dengan kedatangan kami ini dapat menghasilkan agar kedepannya BTN ini tidak lagi terjadi banjir,” ujarnya, Selasa (7/7/2020)

Selain itu, lanjutnya Ia berharap kiranya untuk Camat dan Lurah untuk membantu memfasilitasi masyarakat kepada pemilik lahan yang akan dilewati jaringan drainase yang dibangun nantinya.

“Dengan kehadiran kami Insya Allah akan segera ditindaklanjuti dan dikawal terus baik perencanaan dan penganggaran. Insya Allah pembangunan segera dilaksanakan pada pengalokasian APBD tahun 2021, termaksud kebutuhan lain yang bisa ditingkatkan seperti lampu jalan,” katanya.

“Saya selaku Ketua DPRD Kota Kendari, saya perintahkan kepada Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari bersama anggota untuk mengawal segala permasalahan hari ini yang kita tinjau termaksud dinas PUPR sebagai instasi teknis untuk secepatnya dapat kembali meninjau lokasi yang dilakukan perencanaan pembangunan baik talud maupun drainase yang ada di BTN Mekar Asri,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas PU PR, Erlis Sadya Kencana, mengutarakan, setelah melakukan peninjauan pihaknya lebih melakukan survei lebih lagi sebab lokasinya terdapat anak sungai, sehingga perlu dipastikan serta mengkoordinasi warga dan camat mengingat drainase akan dialirkan kemana.

“Apabila sudah ada kepastian dari warga, Camat dan Lurah kami akan merencanakan pembanguna. Insya Allah minggu depan akan ditindaklanjuti tim secepatnya,” ujarnya.

Sementara Camat Baruga Asman Saby, mengatakan, terkait penangan banjir ini pihaknya akan menunggu perencanaan dinas PU PR. Dalam waktu dekat ini juga kita akan melakukan pertemuan dengan warga kira siapa-siapa yang memiliki tanah yang dilewati pembangunan. Sehinggaa untuk didiskusikan untuk bagaimana mencari solusi.

“Kita harapkan kegiatan kunjungan Dewan dan Dinas PUPR ada ouput yang dicapai kaitanya dengan antisipasi banjir yang terjadi di Kompleks Mekar Asri,” tuturnya.

Selain itu, lurah Lepo-lepo, Juhardin, mengatakan dengan hadirnya DPRD, ketua Komisi III, Anggota Dewan, serta Kadis PU, semoga ini dapat terpecahkan problem masalah banjir dikawasan BTN Mekar Asri ini.

Juhardin berharap dengan adanya peninjauan ini dapat terlaksana program ini dan untuk warga untuk bisa merelakan lahannya yang dilalui dalam program pembuatan kanal baru.

“Insya Allah dengan adanya pembuatan kanal baru ini BTN Mekar Asri dapat terbebas dari ancaman banjir kedepannya,” pungkasnya.

Laporan: La Ismeid

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *