Progres Infrastruktur di Konkep: 23 Jembatan Direhab, 2 Jembatan Dibangun

Keterangan Gambar : Jembatan Morobea Kecamatan Wawonii Tengah yang Ikut Direhabilitasi

KONAWE KEPULAUAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) terus memprogres pembangunan infrastruktur, termasuk merehabilitasi puluhan jembatan.

Ada 23 jembatan yang berada di lintasan jalan lingkar dan di luar jalan lingkar yang dibenahi tahun ini. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR), Israwan Sulfa melalui Kepala Bidang Bina Marga, Unang Sulaeman.

“Sebanyak 23 jembatan semi permanen mulai direhabilitasi,” ungkap Unang beberapa waktu lalu.

Kata Unang, Pemda Konkep melalui Dinas PUPR menggelontokan anggaran Rp 900 juta untuk memperbaiki konstruksi puluhan jembatan di daerah itu

Dari 23 jembatan yang direhab itu, termasuk jembatan Sungai Morobea, di Kecamatan Wawonii Tengah ikut diperbaiki. Saat ini akses yang menghubungkan Desa Bahopuulu dan Desa Tumbu-Tumbu Jaya, masi on progres.

“Kita targetkan tahun ini rehabilitasi infrastruktur jembatan tuntas,” jelasnya.

Untuk Jembatan Morobea di Wawonii Tengah, lanjut Unang, saat ini progresnya sudah mencapai 60 persen. Yang tersisa hanya gelangar dan lantai kayunya yang akan dipasang. “Bahanya kita masi pesan sambil menunggu umur beton tiang,” terangnya.

Tak hanya memperbaiki 23 jembatan, menurut Unang, Pemda Konkep yang dinahkodai Bupati Amrullah dan Andi Muhammad Lutfi ini juga membangun 2 jembatan lagi di Kecamatan Wawonii Barat, yakni Jembatan Lamoluo 3 dan jembatan yang menghubungkan wilayah Desa Pasir Putih dan Jalan By Pass.

Pengerjaanya, jelas Unang, masih terus berlangsung. Pihaknya menggunakan overstek dan diperlebar untuk Jembatan Lamoluo tiga, dengan anggaran sekira Rp 1,7 miliar. Sedangkan untuk jembatan penghubung Pasir Putih – By pass anggarannya sekira Rp 500 juta.

“Semua jembatan kita targetkan tuntas tahun ini,” pungkasnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *