Terus Genjot Pembangunan, Pemda Konkep Bakal Bangun 3 Jembatan Lagi Tahun 2020

Keterangan Gambar : Jembatan di Sungai Mosolo Kecamatan Wawonii Tenggara

KONAWE KEPULAUAN – Pembangunan jembatan di Kabupaten Konawe Kepulauan makin intens dituntaskan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Konkep, Unang Sulaeman. Kata dia, ada 3 jembatan dan 2 box culvert yang dibangun pada tahun 2019 kemarin.

“Yang kita bangun pada tahun 2019 itu jembatan Mosolo bentang 40 meter di Wawonii Tenggara, jembatan Roko-Roko bentang 20 meter di Wawonii Tenggara, jembatan Mokolaro bentang 10 meter di Wawonii Barat,” ujar Unang saat ditemui beberapa waktu lalu.

“Sedangkan box culvert ada di Sungai Bahondopi dan box culvert di Sungai Lantula, kedua-duanya sudah tuntas pada tahun 2019 kemarin,” sambungnya.

Untuk jembatan Roko-Roko dan jembatan Mokolaro, lanjut Unang, masuk dalam Konstruksi dalam Pengerjaan (KDP) karena belum dituntaskan pada tahun 2019. Targetnya pada Akhir Februari 2020 akan kelar.

“Insya Allah sekitar akhir Februari ini akan tuntas pengerjaan jembatan Roko-Roko dan jembatan Mokolaro,” terangnya.

Kata Unang, pada tahun 2020 ini rencananya akan dibangun 3 jembatan dan 1 box culvert. Jembatan tersebut yakni di sungai antara Lebo dan Munse Wawonii Timur bentang 15.meter, jembatan Noko bentang 15 meter, dan jembatan di Sungai Lampakea bentang 10 meter.

“Kalau box culvert yang dibangun tahun 2020 ini yakni di sungai Lamoluo, yang dekat kantor DPRD Konkep,” katanya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Dinas PUPR Konkep, Israwan Sulfa menjelaskan, Pemda Konkep yang dinahkodai Amrullah dan Andi Muhammad Luthfi saat ini lebih mendahulukan jembatan-jembatan yang ukuran bentang panjang. Sehingga sampai saat ini jembatan bentang 20 meter ke atas sudah berhasil dituntaskan.

“Kalau jembatan yang bentang 20 meter, sudah tidak ada. Rata-rata yang akan dibangun pada tahun 2020 dan tahun selanjutnya sudah jembatan bentang 10 meter atau dibawah 20 meter,” jelasnya.

“Jadi pembangunan jembatan ini kita lakukan yang bentang-bentang panjang dulu,” tutupnya.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *