Tahun ini, Semua SMP di Konkep Siap Gelar UNBK

Keterangan Gambar : Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Umaryadi

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Sesuai yang ditargetkan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe Kepulauan (Konkep) siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2020 ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Umaryadi saat ditemui di ruangannya, Selasa (28/1/2020). Katanya, tahun ini semua SMP telah disiapkan untuk mengikuti UNBK.

“Kita sudah sampaikan ke semua sekolah bahwa tahun ini sudah UNBK semua SMP di Konkep,” ujar Umaryadi.

Saat ini, lanjut Umaryadi, Dinas Dikbud Konkep sedang mengupayakan berbagai kelengkapan dari sisi fasilitas yang nantinya akan digunakan oleh sekolah untuk melaksanakan UNBK. “Tahun ini kami menyiapkan 7 titik pelaksanaan UNBK, jadi semua sekolah itu akan ujian di 7 titik ini,” jelasnya.

Ketujuh titik itu antara lain, SMPN 2 Wawonii Tenggara, SMPN 1 Wawonii Selatan, SMPN 1 Wawonii Tengah, SMPN 2 Wawonii Barat, SMPN 1 Wawonii Utara, SMPN 2 Wawonii Utara, SMPN 1 Wawonii Timur. Umar juga mengatakan bahwa sesuai Juknis yang ada, pelaksanaan UNBK akan digelar pada Mei 2020.

“Makanya sekarang kita lagi persiapkan pemasang sistem di beberapa titik itu untuk UNBK nanti, setiap titik disiapkan 20 unit komputer,” terangnya.

Sebelumnya pada tahun 2019 lalu, tambah Umaryadi, Dinas Dikbud Konkep telah berhasil menggelar UNBK meski dalam kondisi fasilitas yang terbatas.

“Tahun 2019 kemarin, kami berhasil menyelenggarakan UNBK meski dalam kondisi terbatas, dan indikator itu jadi bahan evaluasi kami untuk pelaksanaan UN 2020,” katanya.

Umaryadi meminta kepada semua Kepala Sekolah untuk menyiapkan peserta didiknya secara kejiwaan kemudian diupayakan dilakukan Try Out yang berhubungan dengan bagaimana pelaksanaan Ujian nasional nantinya yang berbasis komputer tersebut.

“Intinya adalah kesiapan mentalitas peserta didik karena ini sebuah pola baru bagi sekolah-sekolah yang kemarin masih melaksanakan Ujian Nasional berbasis pensil dan kertas,” tutupnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *