Tahapan Pilkada Resmi Kembali Digulirkan

Keterangan Gambar : Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir (Foto: IST)

Potretsultra

KENDARI – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 resmi kembali dilanjutkan hari ini, Senin (15/6). Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih menunggu terbitnya PKPU Nomor 5 Tahun 2020.

Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Abdul Natsir Muthalib menjelaskan, lanjutan tahapan Pilkada serentak dilakukan dengan melantik para petugas ad hock di 4 Kabupaten yakni Kabupaten Konawe Utara (Konut), Kabupaten Buton Utara (Butur), Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

Dalam pelantikan para petugas ad hock atau Panitia Pemungutan Suara (PPS), kata Ketua KPU yang akrab dengan sapaan Bang Ojo ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan penyelenggara Pemilu di 5 kabupaten agar diterapkan protocol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan ketat.

“Nanti pelantikan PPS juga tidak akan digabung dalam satu gedung, kita akan bagi para komisioner KPU di daerah untuk melantik PPS di beberapa kecamatan atau beberapa desa saja,” ujar Bang Ojo.

Seperti di Konsel, lanjut Ojo, yang terdapat di 25 kecamatan maka komisioner KPUD membagi diri untuk melantik petugas ad hock dalam 5 kecamatan per orangnya. Selain pelantikan, Bang Ojo juga mengatakan, pihaknya akan memastikan pemilih dalam satu TPS tidak akan melebihi 500 orang. Hal ini demi pertimbangan pencegahan penularan Covid-19.

“Insya Allah, kita sudah dalam posisi siap melaksanakan Pilkada di tengah pandemic, sehingga kita membutuhkan dukungan dari semua pihak,” tutupnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *