Survei untuk Layanan Indihome, PT Telkom Kunjungi Konkep

Keterangan Gambar : Kadis Kominfo dan Persandian Konkep, Jamhur Umirlan Bersama Para Tim PT Telkom

KONAWE KEPULAUAN – Tim PT Telkom wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan kunjungan ke Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) untuk mensurvei kebutuhan Pemerintah Daerah (Pemda) terkait layanan yang disiapkan fiber optik atau kabel laut

Asisten Manager PT Telkom wilayah Sultra, Dedi Isnandar mengatakan, untuk fiber optik atau kabel laut tersebut sudah berhasil disambungkan ke Konkep. Saat ini, yang dilakukan itu pembangunan distribusi ke masyarakat dan ke kantor-kantor pemerintahan.

“Dengan fiber optik ini, Telkom bisa memberikan layanan indihome,” ujarnya saat ditemui di Langara Kecamatan Wawonii Barat, Kamis (30/1/2020).

“Sekarang sudah fiber, ini salah satu targetnya Telkom masuk kesini supaya masyarakat juga bisa merasakan internet kecepatan tinggi dengan yang sama di kota-kota besar,” sambungnya.

Melalui Indihome, lanjut Dedi, tiga layanan utama telah bisa terakses dengan baik. Ketiga layanan itu anara lain internet kecepatan tinggi, layanan IP TV, dan layanan telepon.

“Melalui layanan IP TV, kita bisa nonton seperti layaknya nonton TV kayak TV kabel tapi ini kita punya fitur, kita bisa nonton siaran-siaran ke belakang, misalnya siaran Indosiar yang ketinggalan kita nonton melalui layanan ini bisa kita nonton ulang,” jelasnya.

Saat ini yang baru masuk perencanaan, tambah Dedi, masih di bagian Langara Kecamatan Wawonii Barat. PT Telkom akan melakukan survei di Langara ini selama dua hari untuk memastikan dan memvalidasi lagi kebutuhan pemerintah daerah.

“Insya Allah tahun ini selesai, sudah bisa kita nikmati Indihome, karena kita punya target ada 3 daerah yang kita masuki pertama Langara Konawe Kepulauan, Wanggudu Konawe Utara, dan Lakudo Buton Tengah,” terangnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Kepala Dinas Komunikasi, Informasi (Kominfo) dan Persandian Konkep, Jamhur Umirlan menyampaikan, bahwa Pemda tetap komitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dari berbagai sektor. Salah satunya, di sektor infrastruktur telekomunikasi.

“Kita tetap komitmen dan konsisten menunjukkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat dari berbagai sektor, lebih khusus kami di Kominfo terkait telekomunikasi ini merupakan suatu komitmen pemerintah kepada masyarakat,” katanya.

Jika layanan indihome dari PT Telkom ini telah diaktifkan, kata Jamhur, maka Pemda Konkep sudah bisa menerapkan tata pemerintahan yang berbasis elektronik atau yang biasa disebut E Government atau yang mengarah pada Smart City.

Kedepan, Jamhur menargetkan agar layanan indihome ini bisa terakses ke semua wilayah se Konkep. “ini sebagai piloting program, kita lihat dulu progresnya, nanti kita akan ekspansi atau melakukan perluasan jangkauan, jadi tidak hanya di Wawonii Barat tentu di saat-saat mendatang kita akan lakukan layanan ini se Konkep,” pungkasnya.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *