Sosialisasi di Wilayah Terisolir, Relawan Demokrasi Kunjungi Desa Mosolo

Keterangan Gambar : Para Relasi Basis Marginal Saat Sosialisasi di Desa Mosolo (Sumber: Tegas.co)

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Relawan Demokrasi (Relasi) dibentuk dengan tujuan diantaranya membantu KPU untuk mensosialisasikan tahapan Pilkada.

Kini Relasi yang dibentuk oleh KPU Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) telah bergerak dengan basis masing-masing. Seperti yang dilakukan oleh Relasi basis marginal yang bergerak di Desa Mosolo Kecamatan Wawonii Tenggara, Minggu (18/10/2020).

Koordinator Relasi Basis Marginal, Arni Periana menjelaskan bahwa tugas dari basis marginal dalam Relawan Demokrasi ini yaitu muntuk mensosialisasikan tahapan pemilu bagi masyarakat terisolir dan di wilayah pinggiran.

“Sosialisasi ini untuk memberikan kepercayaan diri kepada masyarakat basis marginal, untuk menentukan pilihan politiknya secara baik”, ungkap Arni.

Tujuannya, kata Arni, agar masyarakat dapat menyadari akan pentingnya berdemokrasi serta menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara yang memiliki hak partisipasi dan hak hidup yang sama dengan warga negara lain.

“Yang di mana hal ini sudah jelaskan dalam peraturan UU No 3 tahun 2017 terkait pemungutan suara dan UU No 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, kemudian PKPU No 13 tahun 2020 terkait pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota”, katanya.

Kepada warga, Arni mengatakan,  ada beberapa tahapan dalam pemilihan terkait tata cara pencoblosan Calon Pasangan pada saat hari pemungutan suara di 9 Desember 2020 nanti.

Laporan: Redaksi

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *