Siap Sukseskan Pilkada, KPU Konkep Kukuhkan 21 Relawan Demokrasi

Keterangan Gambar : Para Komisioner KPU Konkep Saat Menggelar Bimtek ke 21 Relawan Demokrasi

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Demi mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, KPU Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) membentuk Relawan Demokrasi (Relasi).

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada gelaran Pilkada Konkep 9 Desember 2020 nanti.  Pada Selasa (6/10/2020), KPU Konkep mengukuhkan dan memberikan pembekalan berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) ke 21 relawan demokrasi.

Ketua KPU Konkep, Iskandar mengungkapkan, kehadiran Relasi pada Pilkada 2020 ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan kerja-kerja KPU dalam bersosialisasi ke masyarakat perihal hajatan Pilkada 5 tahunan ini.

“Kami harap Relawan Demokrasi ini dapat membantu kerja-kerja KPU untuk bersosialisasi ke masyarakat,” ujar Iskandar dalam sambutannya saat kegiatan pengukuhan dan Bimtek Relasi di Aula KPU Konkep.

Relasi ini, lanjut Iskandar, targetnya dapat mendobrak dalam upaya meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pilkada serentak yang digelar ditengah bencana non alam pandemi Covid-19 ini. “Relasi ini sangat kami butuhkan, kami tentu agak kesulitan apalagi di masa pandemi ini,” ucapnya.

Saat turun menjalan tugas sebagai Relawan Demokrasi, Iskandar berharap agar para relawan tersebut tetap memegang teguh prinsip independensi dan menjaga integritas. Sehingga dalam melaksanakan sosialisasi nanti tidak menguntungkan salah satu pasangan calon peserta Pilkada.

Sementara itu Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Konkep, Bahrun berharap dengan dibentuknya Relawan Demokrasi ini dapat memudahkan KPU untuk mensukseskan Pilkada Konkep 9 Desember 2020 kedepan. Karena KPU merasa sosialisasi Pilkada harus menyentuh di semua basis warga.

“Kami sangat berharap kerja-kerja Relawan Demokrasi benar-benar membantu KPU untuk mensukseskan Pilkada 2020 ini,” harap Bahrun.

Bahrun juga meminta kepada para relawan demokrasi agar menjunjung tinggi pakta integritas yang telah ditandatangani demi suksesnya Pilkada Konkep. “Ayo bekerja dengan profesional, independen, dan berintegritas demi suksesnya Pilkada,” tutupnya.

Untuk diketahui, ada 7 basis relawan demokrasi yang dibentuk KPU Konkep, yang masing-masing basis terdiri 3 orang. 7 basis tersebut yakni basis pemilih pemula, basis warganet, basis keluarga, basis keagamaan, basis marginal, basis pemilih perempuan, dan basis penyadang disabilitas.

Laporan: Redaksi

Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *