Ombak Musim Timur Ancam Pemukiman Warga, Rifqi Tinjau Langsung Pantai Mosolo

Keterangan Gambar : Anggota DPRD Sultra, Rifqi Saifullah Razak ST Saat Meninjau Pantai Mosolo Raya

KONAWE KEPULAUAN – Warga Mosolo Raya yang terdiri Desa Mosolo, Desa Sinar Masolo, dan Desa Sinaulu Jaya Kecamatan Wawonii Tenggara kerap kali ‘dihantui’ ancaman tingginya gelombang laut di saat musim timur tiba.

Tidak tanggung-tanggung, ombak tersebut bahkan sesekali menggulung hingga menghantam rumah-rumah warga yang bermukim di pesisir pantai. Hal ini membuat beberapa dari mereka terpaksa mulai membeli lahan untuk mendirikan bangunan rumah yang jauh dari wilayah pantai.

Tak heran memang, karena lokasi desa Mosolo Raya ini tepat berhadapan dengan Laut Banda yang tiap musim timur selalu menghantui warga dengan ancaman gelombang ombak yang relatif besar. Warga berharap sentuhan langsung dari pemerintah untuk membuatkan talud pemecah ombak sehingga gelombang-gelombang yang menghantam di musim timur tak lagi menjadi ancaman yang berbahaya bagi mereka yang bermukim di pesisir pantai.

Menanggapi hal ini, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Rifqi Saifullah Razak ST turun meninjau langsung kondisi talud pantai Mosolo Raya Kecamatan Wawonii Tenggara beberapa waktu lalu usai menggelar Reses.

“Saya sudah survei, garis pantai Mosolo Raya ini sekitar 1,2 Km panjangnya. Ini akan menjadi prioritas saya untuk wilayah Mosolo Raya, saya akan perjuangkan aspirasi ini,” ucap Rifqi saat meninjau langsung pantai Mosolo Raya yang didampingi kepala desa dan warga setempat.

Ketua Komisi 1 DPRD Sultra ini menegaskan, pada rapat pembahasan anggaran usulan warga Mosolo Raya terkait talud di sepanjang pantai Desa Mosolo hingga ke Desa Sinaulu Jaya ini bakal disuarakan di sidang DPRD Provinsi Sultra. Karena kata dia, aspirasi warga dengan kondisi pantai yang terus dihantui ancaman gelombang tinggi seperti ini patut di perjuangkan.

“Aspirasi ini wajib saya perjuangkan dan suarakan ke sidang DPRD Provinsi Sultra. Karena kondisi seperti ini sangat membahayakan bagi warga yang bermukim di wilayah pesisir pantai,” tegasnya

Sementara itu, Kepala Desa Sinaulu Jaya, La Barimu saat ditemui Potretsultra.com, sangat berharap adanya perhatian serius dari Pemprov Sultra. Karena ia mengaku, sebagian besar warganya kerap kali mengeluh atas ancaman bencana gelombang tinggi di setiap musim timur ini.

“Kami sangat berharap usulan talud pemecah ombak di sepanjang pantai Mosolo Raya ini diperhatikan serius dan menjadi prioritas,” ujar La Barimu.

Rifqi Saifullah Razak ST Saat Meninjau Lokasi Pembangunan Gedung SMAN 2 Wawonii Tenggara Bersama Pemerintah Desa dan Kepala Sekolah

Rifqi Saifullah Razak ST Saat Meninjau Lokasi Pembangunan Gedung SMAN 2 Wawonii Tenggara Bersama Pemerintah Desa dan Kepala Sekolah

Untuk diketahui, sebelum meninjau Pantai Mosolo Raya Rifqi Saifullah Razak juga meninjau lokasi pembangunan gedung SMAN 2 Wawonii Tenggara yang beralamat di Desa Sinaulu Jaya

Laporan: Jubirman

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *