KPU Konkep Gelar Bimtek untuk Relawan Demokrasi

Keterangan Gambar : Para Komisioner KPU Konkep Saat Bimtek Relawan Demokrasi

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Untuk memberikan pembekalan kepada para Relawan Demokrasi (Relasi) Pilkada tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Kepulauan mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek), Selasa (6/10/2020).

Kegiatan tersebut dimulai dengan pembacaan Pakta Integritas oleh para relawan demokrasi yang baru saja dikukuhkan oleh KPU Konkep.

Ketua KPU Konkep Iskandar menjelaskan pada tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan, KPU RI meminta agar tahapan Pilkada di 263 kabupaten/kota dan 9 Provinsi di wajibkan untuk membentuk Relawan Demokrasi. Hal tersebut sesuai PKPU No 10 tahun 2018. Relawan yang dibentuk iniini berjumlah 7 basis, setiap basis beranggotakan 3 orang.

“Jadi pembentukan Relasi ini berdasarkan PKPU Nomor 10 tahun 2018. Semua berjumlah 7 basis dan setiap basis jumlahnya 3 orang”, jelas Iskandar.

Iskandar menilai, angka partisipasi pemilih pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang dikhawatirkan bisa saja menurun. Hal ini di karenakan hajatan pesat demokrasi 5 tahunan ini digelar di masa Pandemi Covid-19.

“Untuk membantu KPU dalam hal bersosialisasi di masyarakat, maka peserta Relawan Demokrasi sangat dibutuhkan dalam mendobrak partisipasi pemilih pada tahapan pilkada 2020”, terangnya.

Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *