Siaga Bencana, Dinsos Butur Rekrut dan Latih tim Tagana

Bupati Butur, Abu Hasan Saat Memberi Sambutan (Foto: Haslin)
Keterangan Gambar : Bupati Butur, Abu Hasan Saat Memberi Sambutan (Foto: Haslin)

BUTON UTARA – Dinas Sosial Kabupaten Buton Utara (Butur) melakukan perekrutan dan pelatihan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di salah satu hotel di Kulisusu, Kamis (4/4/2019).

Menurut Kepala Dinas Sosial Butur, Muliana, pelatihan ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Republik Indonesia. Sehingga untuk masuk ke dalam tim Tagana maka harus melalui proses pelatihan.

“Untuk menjadi Tagana harus melalui proses pelatihan yang telah ditetapkan sesuai paraturan menteri Republik Indonesia Nomor. 28 Tahun 2012 tentang pedoman umum Tagana” ungkap Muliana dalam sambutannya.

Kata dia, Tagana merupakan bentuk dalam meningkatkan kesiaga-siagaan masyarakat yang kemungkinan terjadi bencana. Oleh karena itu partisipasi Tagana sangat dibutuhkan, baik sebelum terjadi maupun sesudah terjadi Bencana itu sendiri.

Di tempat yang sama Bupati Buton Utara Abu Hasan manambahkan,
wilayah Butur termasuk daerah yang berpotensi rawan bencana di Sultra, baik bencana yang dapat diprediksi maupun bencana yang tidak dapat diprediksi kejadiannya.

“Daerah kita memang daerah yang memiliki potensi rawan bencana,” katanya.

Kehadiran Tagana di Butur ikut disambut baik oleh Abu Hasan. Sehingga dia sangat memberikan aspresiasi kepada Dinas Sosial Butur yang telah mensiasati untuk melakukan rekrumen tim Tagana.

Laporan: Haslin
Editor: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *