Ditutup Malam Ini, Beasiswa Wawonii Cerdas Ditargetkan Cair 15 April

Suasana Penyetoran Berkas Beasiswa Wawonii Cerdas (Foto: Jubirman)
Keterangan Gambar : Suasana Penyetoran Berkas Beasiswa Wawonii Cerdas (Foto: Jubirman)

KONAWE KEPULAUAN – Keseriusan Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) benar-benar dirasakan progresnya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Hal ini terlihat dari komitmen Bupati Konkep, Amrullah untuk tetap memberikan bantuan pendidikan melalui program beasiswa Wawonii Cerdas kepada seluruh mahasiswa Konkep. Memasuki semester genap tahun 2019 ini, Pemda Konkep lagi-lagi mengucurkan beasiswanya.

Ketua Panitia pengelola beasiswa Wawonii Cerdas, Zakaria Rasyid saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan, para pendaftar dari program unggulan Pemda Konkep hingga saat ini telah mencapai 1291 orang. Data ini terdiri dari 43 orang jenjang S2, 1039 orang jenjang S1, 20 orang jenjang D3, 133 orang jenjang D4, dan 16 orang untuk program profesi.

“Pendaftar program beasiswa Wawonii Cerdas untuk tahun 2019 sampai dengan per hari ini memperoleh data masuk sudah 1291 orang,” ujar Zakaria, Jumat (5/4/2019).

“Untuk S3 sampai saat ini belum ada yang mendaftar,” tambahnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep ini juga mengatakan, untuk tahap awal dibuka proses pendaftaran online dan penyetoran berkas. Tahap ini, kata dia, akan ditutup hari ini juga hingga jam 12 malam.

“Kami tutup sampai dengan jam 12 malam ini,” katanya.

“Kami haral para mahasiswa betul-betul memanfaatkan deadline waktu yang ditentukan,” sambungnya.

Usai pendaftaran dan penyetoran berkas, lanjut Zakaria, tahap selanjutnya yaitu verifikasi berkas dan penilaian kelayakan yang bakal dilakukan besok (Sabtu, 6/4). Ini dilakukan berdasarkan kriteria dan persyaratan sebagaimana yang telah ditentukan.

“Besok kami akan lakukan verifikasi berkas,” terangnya.

Untuk berkas yang tidak memenuhi persyaratan, kata Zakaria, tentu tidak akan diluluskan sebagai penerima beasiswa Wawonii Cerdas. Katanya, standar IPK beasiswa prestasi yaitu 3,0 dan beasiswa tidak mampu harus mencapai IPK 2,6 yang dibuktikan dengan KHS para pendaftar.

“Kalau tidak bisa memenuhi itu, maka kami tidak bisa mentolerir,” tegasnya.

Menurut Zakaria, untuk penetapan nama-nama yang dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa akan diumumkan pada minggu kedua bulan April 2019 ini. Sedangkan untuk tahap pencairan, targetnya akan dilakukan paling lambat 15 April 2019.

“Pencairan kami usahakan paling lambat tanggal 15 April,” pungkasnya.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *