Sandiaga Uno Perkenalkan Tenun Khas Kaledupa Wakatobi ke Menteri Asal Hungaria

Keterangan Gambar : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno Saat Menerima Kunjungan dari Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria, HE Péter Szijjártó (Sumber: Fanspage FB Milik Sandiaga Uno)

Potretsultra

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno memperkenalkan pakaian adat bermotif tenun Kaledupa, Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ke Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria, HE Péter Szijjártó.

Sandiaga Uno memperkenalkan pakaian adat Kaledupa ini saat mendapat kunjungan dari Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria, HE Péter Szijjártó untuk membahas potensi kerjasama bilateral yang diharapkan akan membawa keuntungan untuk kedua negara.

“Selain membahas potensi kerjasama antar kedua negara, saya memperkenalkan pakaian adat yang hari ini saya gunakan yakni motif tenun ikat Kaledupa,” ujar Sandiaga Uno dilansir dari fanspage akun Facebook miliknya, Selasa (16/2/2021) kemarin.

Kata Sandiaga, Kaledupa merupakan pulau di Sulawesi Tenggara yang terkenal dengan desa tenun tertuanya, yakni Desa Pajam. Ia menyebut, pakaian yang dikenakannya tersebut didesain oleh desainer asal Sultra yang namanya telah mendunia, Kusminto Herman Prasetyo.

“Pakaian ini didesain oleh desainer asal Sulawesi Tenggara  yang telah mendunia, Kusminto Herman Prasetyo, dengan memberdayakan dan membuka lapangan kerja kepada pengrajin tenun binaan Dekranasda Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Selain itu, di hadapan Menteri asal Hungaria tersebut, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, Indonesia memiliki banyak daya tarik untuk para wisatawan Hungaria. Mulai dari festival seni hingga wisata kuliner, apalagi masyarakat Hungaria senang dengan masak-masakan pedas.

“Selain itu, Indonesia juga memiliki begitu banyak pantai yang sangat indah, dan ini akan menjadi destinasi utama bagi wisatawan Hungaria,” katanya.

Sandiaga berharap, dengan berbagai persiapan yang sedang dilakukan saat ini, pasca pandemi nanti akan bangkit lebih baik, lapangan kerja yang menjadi harapan banyak masyarakat dapat terbuka luas.

Laporan: Jubirman

 

Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *