Rajiun Terima Penghargaan dari Kementan sebagai Daerah Teladan Pembangunan Pertanian

Keterangan Gambar : LM Rajiun Tumada Saat Menerima Penghargaan dari Kementan RI (Foto: IST)

MUNA BARAT – Bupati Kabupaten Muna Barat (Mubar), La Ode M Rajiun Tumada kembali mendapatkan penghargaan dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia melalui Dirjen Perkebunan Kasdi Subagyono, di Malang Provinsi Jawa Timur (Jatim), Selasa (10/12/2019).

Penyerahan penghargaan tersebut bertepatan dengan Hari Perkebunan Nasional yang ke- 62 Tahun 2019.

Dengan penghargaan yang didapat dan diraih oleh Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada sebagai Kepala Daerah, masyarakat Mubar memang patut berbangga memiliki bupati seperti La Ode M Rajiun Tumada.

Kebijakan dan program kerja yang dinilai pro rakyat, terus mendapatkan penghargan dari pemerintah pusat. Bahkan, capaian itu diluar ekspektasi. Bayangkan saja, tidak cukup dalam jangka waktu tiga pekan di penghujung tahun 2019 ini, Rajiun kembali menyabet penghargaan dari Kementerian Pertanian (Kementan), atas komitmennya terhadap peningkatan produksi dan pembangunan perkebunan secara berkelanjutan.

Perlu diketahui bahwa Kementan memberikan penghargaan terhadap 28 daerah termasuk Mubar, yang mencatatatkan diri sebagai teladan pembangunan pertanian. Penerimaan penghargaan itu, pasca pemberian penghargaan pengelolaan APBD terbaik enam nasional dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), serta penganugerahan Dwija Praja Nugraha dari PB PGRI oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Memang, sudah sepatutnya Mubar menjadi rujukan bagi daerah lainnya. Jika ingin belajar soal kebijakan yang merakyat, maka sesekali lakukanlah studi banding ke daerah otoritas La Ode M Rajiun Tumada. Sebab, daerah yang dulu meranggas tidak tesentuh pembangunan sebelum mekar, kini disulapnya menjadi daerah yang diperhitungkan dikanca nasional. Penerimaan penghargaan itu, telah membuktikan, Rajiun mampu membawa daerah Bumi Praja Laworo menjadi daerah maju.

Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada melalui Kabag Humasnya, Ali Abdin mengatakan bahwa Bupati Mubar menerima penghargaan tidak terlepas dari dukungan Pemkab pada pembangunan perkebunan, atas komitmennya terhadap peningkatan produksi dan pembangunan perkebunan berkelanjutan.

“Syukur alhamdulillah, tiga penghargaan akhir tahun. Tentu ini adalah bagian dari kerja kerja pemerintah yang dinahkodai La Ode M Rajiun Tumada sebagai bupati. Ini menjadi persembahan kado manis bagi masyarakat Muna Barat secara general,” ujar Kabag Humas, Ali Abdin.

Lanjut, kata Ali Abdin, penghargaan itu juga, tidak terlepas dari keseriusan Pemkab, mendukung kebijakan dalam mensukseskan swasembada gula melalui pengembangan tebu nasional. Apalagi, ada dukungan APBD melalui peningkatan perluasan areal tanam dan rehabilitasi kelapa, jambu mete dan kakao.

“Dengan itu, ada pembangunan pabrik gula di Wadaga. Saat ini, sementara berlangsung kerja sama dengan investor. Pemerintah juga sementara merampungkan syarat-syaratnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” ungkapnya.

Ali Abdin menyebut, berkaitan dengan kebun tebu nantinya, lanjut pria berkarakter tegas ini, dilakukan pengembangannya dilahan suboptimal. Artinya, penanamannya dengan memanfaatkan lahan kering yang sulit ditanami, yang tersebar ditiga wilayah besar.

“Makanya, program ini menjadi komitmen dalam menunjang keberhasilan ekosistim berkelanjutan, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi kerakyatan. Semua untuk masyarakat sejahtera,” tutupnya.

Laporan : Sacriel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *