Prabowo – Sandi ‘Menang Besar’ di Konkep, Jokowi-Maruf ‘Babak Belur’

Paslon Jokowi Maruf dan Paslon Prabowo Sandi (Sumber Foto: www.victorynews.id)
Keterangan Gambar : Paslon Jokowi Maruf dan Paslon Prabowo Sandi (Sumber Foto: www.victorynews.id)

KONKEP – Pasangan Joko Widodo dan Maruf Amin mengalami kekalahan yang telak di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dari hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu tahun 2019, KPU Konkep menetapkan Calon Presiden (Capres) petahana tersebut kalah dari Capres rivalnya Prabowo Subianto.

Dari daftar pemilih 22.919, Pasangan Calon (Paslon) nomor urut satu hanya mampu meraup 4.869 suara. Sedangkan Paslon nomor urut dua berhasil ‘menang besar’ dengan total suara sah 17.627. Sedangkan jumlah suara tidak sah sebesar 423 suara.

Kekalahan pasangan Joko Widodo – Maruf Amin ini merata di semua kecamatan wilayah Konkep. Yang membuat Paslon nomor urut 1 itu benar-benar ‘babak belur’ di Kecamatan Wawonii Utara, karena hanya mampu rebut 576 suara. Sedangkan pasangan Prabowo – Sandi tampil dengan angka 3.461 suara.

Selain Wawonii Utara, Capres Jokowi juga kalah telak di Kecamatan Wawonii Timur, Wawonii Selatan, Wawonii Tengah, dan Wawonii Timur Laut. Posisi Capres Joko Widodo di Wawonii Timur hanya berada di 572 suara dan Capres Prabowo merebut 1.667 suara. Di Wawonii Selatan, Prabowo Subianto meraih 1.919 suara sedangkan Jokowi hanya 583 suara. Begitupn di Kecamatan Wawonii Tengah, Jokowi hanya mampu mendulang 530 suara sedangkan Prabowo berhasil raup 1.838 suara sah. Di Wawonii Timur Laut, lagi-lagi Joko Widodo kalah dengan 361 suara sedangkan Prabowo menang dengan angka 2.078 suara.

Untuk Kecamatan Wawonii Tenggara dan Wawonii Barat Capres petahana tersebut terlihat agak mendingan meskipun masih tetap kalah dari Capres Prabowo Subianto.

Di Kecamatan Wawonii Barat, Paslon nomor urut satu mampu dulang 1.069 suara sah. Sedangkan Paslon nomor urut dua berada di angka 2.871. di Wawonii Tenggara, Capres Jokowi berhasil meraup 1.188 suara dan Capres Prabowo mengambil 2.793 suara.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *