9 Caleg Petahana di Konkep ‘Tumbang’, 8 Masih Bertahan

Ilustrasi
Keterangan Gambar : Ilustrasi

KONKEP – Wajah anggota DPRD Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) pada periode 2019 – 2024 mendatang mulai dihiasi oleh para pendatang baru.

Wajah-wajah lama di Parlemen Konkep sebagian ‘tergeser’ keluar atau ‘tumbang’ dan digantikan politisi baru. Dari rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu tahun 2019, KPU Konkep telah menetapkan 20 nama yang berhasil duduk di kursi DPRD Konkep.

Untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kecamatan Wawonii Barat dan Wawonii Tengah, hanya dua Caleg petahana yang kembali menduduki kursinya. Sedangkan lima Caleg lainnya terdiri dari wajah baru. M Yacub Rahman dari PKPI berhasil kembali duduk. Begitu halnya dengan Abdul Rahman dari PKS juga masih dipersilahkan duduk kembali di kursi wakil rakyat itu.

Kursi pertama di Dapil 1 ditempati oleh Partai Demokrat dengan 1.180 suara yang diwakili Siti Zohra. Kursi kedua berhasil direbut Partai Nasdem dengan total suara 854 dan menempatkan nama Fajrul Falaah. Sedangkan posisi ketiga berhasil diraih PKB dengan memperoleh 827 suara sah dan mempersilahkan Kalbi Erdiansyah untuk duduk di kursi parlemen Konkep.

Sedangkan kursi keempat dari Dapil 1 Konkep diduduki Partai Golkar dengan perolehan suara 648 yang diwakili oleh Lukman. PAN berhasil merebut kursi kelima dengan mendulang 510 suara dan memberikan kesempatan emas itu kepada Irwan. Kursi keenam ditempati oleh PKPI yang berhasil meraih 492 suara dengan mempersilahkan wajah lama M Yacub Rahman untuk duduk. Untuk kursi terakhir di Dapil 1 berhasil direbut PKS dengan memperoleh 471 suara yang diwakili Abdul Rahman.

Wakil Ketua DPRD Konkep itu hampir saja kursinya direbut Partai Perindo. Karena antara suara PKS dan Partai Perindo hanya berselisih satu suara saja. PKS rebut 471 suara, sedangkan Partai Perindo mendulang 470 suara. Dua Caleg petahana lainnya seperti Rudy dari Partai Gerindra dan Muh Rissal dari PPP mesti bersabar lima tahun lagi karena gagal ke parlemen untuk periode 2019 – 2024.

Di Dapil 2 Konkep juga tidak kalah menarik pertarungannya. Partai Demokrat kembali berada di posisi teratas dengan memperoleh 1.435 suara yang diberikan kepada Hajarpin. Di posisi kedua ada Partai Nasdem yang meraih 961 suara yang ditempati Arifuddin Bakrie. PAN berada di kursi ketiga dengan 872 suara yang diduduki oleh Kasmin. Untuk kursi keempat direbut PDI Perjuangan dengan 848 suara yang ditempati wajah politisi lama Hatiga.

Sedangkan kursi kelima di Dapil 2 Konkep ditempati oleh PPP dengan 609 suara yang juga mempersilahkan wajah politisi lama Muhammad Yasran. Golkar berhasil menduduki kursi keenam dengan jumlah suara 606 yang diduduki Ishak. Untuk posisi terakhir direbut PKB dengan mendulang 603 suara dan mempersilahkan Imanuddin untuk duduk kembali di parlemen Konkep.

Di Dapil 2 ini ada 6 Caleg Petahana yang tak mampu memenangkan pertarungan. Wakil Ketua DPRD Konkep Jaswan dari Partai Demokrat harus merelakan kursinya yang bakal diduduki Hajarpin. Begitupun dengan Amir Danu yang berhasil dikalahkan oleh Arifuddin Bakrie di Partai Nasdem. Sedangkan Amran dari PKS, Untung Taslim dari Partai Gerindra, Mustaman dari PBB dan Hariyanto dari Partai Hanura juga belum berhasil menduduki kursinya di periode 2019 – 2024 mendatang.

Untuk Dapil 3 Konkep, lagi-lagi Partai Demokrat merajai pertarungan dengan 1.242 suara dan memberikannya kepada Ishak. PKB berada di posisi kedua dengan 857 suara yang ditempati Isman. Kursi ketiga direbut Partai Golkar dengan 666 suara dengan mempersilahkan Muhammad Farid kembali duduk. PAN berada di kursi keempat dengan 647 suara yang diduduki Arman Dedi. Partai Gerindra berada di kursi kelima dengan 563 suara yang ditempati Ensoni. Untuk kursi terakhir ditempati PKPI dengan 536 suara dan meloloskan Andika.

Ishak, Isman, dan Muhammad Farid merupakan ‘pemain lama’ yang berhasil mempertahankan kursinya dari para ‘pendatang baru’. Sedangkan Ketua PKPI Konkep, Sahidin harus merelakan kursinya direbut oleh pemain baru Andika yang merupakan alumnus dari pertarungan Pilkades Desa Nambo Jaya pada 2017 lalu.

Untuk diketahui, Ketua DPRD Konkep Musdar, Kaaba, dan Titin Nurbaya tidak bertarung di Pileg DPRD Konkep.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *