3 Caleg Petahana Dapil 3 Konkep Kembali Duduk, 1 Tergeser

Ilustrasi
Keterangan Gambar : Ilustrasi

KONKEP – KPU Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) telah menyelesaikan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu tahun 2019 tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten dengan tanpa kendala dan berakhir pada Kamis (2/5/2019).

Dari penghitungan perolehan suara tersebut telah menempatkan 20 nama yang berhak duduk di kursi DPRD Kabupaten Konkep. Mereka merupakan deretan nama-nama yang berhasil rebut suara terbanyak dari akumulasi suara partai di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing.

Untuk Dapil III Kecamatan Wawonii Tenggara dan Wawonii Selatan, ada enam nama yang bakal menduduki kursi wakil rakyat itu. Dari deretan nama-nama tersebut, tiga figur berasal dari politisi pendatang baru dan tiga figur lainnya merupakan wajah-wajah politisi lama.

Sebelumnya diketahui Dapil III ini memiliki 5 anggota DPRD Konkep. Namun, politisi asal Partai Amanat Nasional, Kaaba tidak ikut berebut panggung di Pemilu 2019 ini. Sehingga hanya 4 Caleg petahana yang bertarung, yaitu Isman (PKB), Ishak (Partai Demokrat), Muhamad Farid (Partai Golkar), dan Sahidin (PKPI).

Kini, KPU Konkep telah menetapkan nama Ishak dari Partai Demokrat sebagai pemenang dengan akumulasi 1.242 suara partai. Kemudian disusul PKB dengan memperoleh 857 suara dengan menempatkan Isman sebagai pemenang. Untuk kursi ketiga diisi Partai Golkar dengan perolehan 666 suara dan mendudukkan kembali Ketua DPD Partai Golkar Konkep Muhamad Farid. Urutan tiga kursi itu semuanya dihiasi oleh para politisi lama di DPRD Konkep.

Sedangkan kursi keempat bakal diduduki dari kader PAN dengan 647 suara yaitu Arman Dedi. Selanjutnya Partai Gerindra berhasil menduduki kursi kelima dengan perolehan 563 suara dan mendudukkan nama Ensoni. Untuk kursi terakhir ditempati PKPI dengan jumlah total 536 suara dengan mempersilahkan pendatang baru Andika untuk duduk di kursi keenam.

Banyaknya para penantang di Pemilu 2019 ini membuat satu Caleg incumbent Dapil 3 harus merelakan kursinya tergilas dan diduduki teman se partainya. Ketua PKPI Konkep Sahidin gagal duduk kembali di DPRD Konkep karena hanya mampu mendulang 173 suara. Sedangkan Mantan Calon kades Nambo Jaya, Andika berhasil raih 251 suara.

Untuk PKS dan PDIP di Dapil 3 Konkep sepertinya harus bersabar lima tahun lagi. Pasalnya, total suara partai dari PKS masih selisih kalah 12 suara dari PKPI yakni 524. Sedangkan PDIP hanya selisih 3 suara dari PKS dengan perolehan 521 suara sah.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *