Pilkades Konkep Digelar 12 Desember, Kadis PMD: Mari Hadirkan Pemimpin Berkualitas

Keterangan Gambar : Kepala Dinas PMD Konkep, Zakaria Rasjid, S.Pd, M.Pd

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Setelah sebelumnya dinyatakan ditunda, kini tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) kembali dilanjutkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Konkep, Zakaria Rasjid, S.Pd, M.Pd mengungkapkan awalnya tahapan Pilkades Konkep ini direncanakan mulai berjalan pada 6 Agustus lalu. Namun karena adanya Surat Edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sehingga tahapan tersebut ditunda.

“Setelah melihat perkembangan yang terjadi saat ini berdasarkan hasil koordinasi dan konsultasi dengan Kemendagri melalui BPMD Provinsi Sulawesi Tenggara, telah memberikan kita informasi bahwa tahapan tetap dijalankan, hanya tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat,” ungkap Zakaria Rasjid saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/9/2021).

Menindaklanjuti hal tersebut, kata Zakaria, panitia Pilkades tingkat kabupaten menggelar rapat di Perkantoran Bupati, Selasa (7/9) Kemarin. Berdasarkan rapat tersebut, pemungutan suara Pilkades serentak di Konkep bakal digelar pada 12 Desember 2021 nanti.

“Kami kemarin sudah melakukan rapat panitia untuk melanjutkan tahapan Pilkades. Insya Allah tanggal 11 sampai 12 September kita akan melakukan sosialisasi ke masyarakat di 30 desa yang menggelar Pilkades terhadap tahapan pelaksanaan Pilkades,” katanya.

Usai menggelar sosialisasi tahapan, lanjut Zakaria, pihaknya berharap agar Badan Permusyawaratan Desa (BPD) segera melaksanakan musyawarah pembentukan Panitia Pilkades tingkat desa yang terdiri atas 9 orang atau sering disebut sebagai Panitia Sembilan.

“Karena setelah dibentuk Panitia Sembilan itu, kita akan agendakan secepatnya Bimbingan Teknis ke panitia tersebut,” terangnya.

Zakaria berharap agar para kandidat yang bertarung memperebutkan kursi 01 desa ini tetap menjaga nilai-nilai kekeluargaan, nilai kesatuan, dan yang terpenting itu adalah mari sukseskan Pilkades ini dengan damai.

“Karena segala perbedaan kita selama ini merupakan kekuatan kita yang harus diakomodir untuk mensukseskan Pilkades,” ucapnya.

Zakaria juga mendorong agar semangat yang dibawa pada Pilkades serentak di Konkep tahun 2021 ini adalah menghadirkan calon kepala desa yang berkualitas dan berintegritas tinggi untuk mewujudkan Wawonii Bangkit dalam lingkaran hati emas.

“Masyarakat diharapkan memilih pemimpin yang benar-benar berkualitas dan memiliki integritas tinggi untuk mewujudkan Wawonii Bangkit dalam lingkaran hati emas,” harapnya.

Laporan: Redaksi

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *