Perbup Pilkades di Konkep Tunggu Persetujuan Pemprov

Keterangan Gambar : Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Konkep, Zakaria Rasjid

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN  – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) tak lama lagi bakal digelar.

Rencananya hajatan politik skala desa itu bakal digelar di akhir tahun 2021 ini. Hal tersebut seperti diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Konkep, Zakaria Rasjid saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (29/6/2021).

“Kita upayakan Pilkades akan dilaksanakan akhir November tahun ini, kalau bergeser ya kemungkinan bisa awal Desember 2021,” ungkap Zakaria.

Mengenai Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur terkait pelaksanaan Pilkades, lanjut Zakaria, telah selesai digodok dan saat ini sedang dikonsultasikan ke Biro Hukum Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk disetujui.

“Saat ini Perbup sementara dikonsultasikan ke Biro Hukum Pemprov, setelah itu baru akan disosialisasikan,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Konkep, Imanudin menegaskan, agar Pilkades harus digelar tahun 2021 ini. Diusahakan dapat terlaksana pada bulan November mendatang.

Hal tersebut ia sampaikan pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi I dan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) di Aula Rapat DPRD Konkep, Rabu (02/06/2021) lalu.

“Saya tegaskan pada peserta yang ikut rapat pada pagi ini di bulan sebelas kita harus pilkades,” tegas Imanudin di ruang rapat.

Untuk diketahui, ada 30 desa dari 89 desa se Konkep yang bakal menggelar Pilkades tahun 2021 ini.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *