Kadis PMD Konkep: Mobil Bumdes Bukan untuk Kendaraan Operasional Kades

Keterangan Gambar : Plt Kepala Dinas PMD Konkep, Zakaria Rasjid

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Kehadiran mobil yang diperuntukkan ke Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) mestinya dapat memacu pertumbuhan ekonomi di sebuah desa.

Yang jadi masalah jika mobil Bumdes tersebut malah disalahgunakan dan dijadikan kendaraan operasional oknum Kepala Desa (Kades). Hal ini membuat geram Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Zakaria Rasjid  jika hal tersebut malah terjadi di daerahnya.

Zakaria menegaskan agar mobil Bumdes benar-benar digunakan untuk meningkatkan ekonomi dan menambah pendapatan desa. Karena kehadiran mobil Bumdes dapat mendorong potensi-potensi kegiatan usaha di desa untuk dikembangkan. Sehingga desa-desa dapat lebih mandiri, lebih berkembang, bahkan lebih maju dari sebelumnya.

“Saya berharap para Kades gunakanlah mobil Bumdes dengan sebaik-baiknya, jangan malah disalahgunakan,” ujar Zakaria Rasjid saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (29/6/2021).

Bahkan, kata Zakaria, dalam dekat ini Dinas PMD Konkep akan mengevaluasi para Bumdes terkait sejauh mana pemanfaatan mobil Bumdes dalam mendorong kegiatan-kegiatan usaha di desa. Karena menurutnya, berdasarkan informasi yang berkembang masih ada oknum Kades yang belum memaksimalkan peran mobil Bumdes di desanya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, dalam waktu dekat kita akan evaluasi mobil Bumdes terkait asas manfaatnya, apakah sudah sesuai dengan peruntukannya atau belum,” jelasnya.

Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep itu kembali mewarning bahwa jangan salahgunakan mobil Bumdes. Karena kata dia, mobil itu bukan untuk kepentingan pribadi para Kades. Namun kehadiran mobil Bumdes itu seharusnya diperuntukkan untuk kepentingan pengembangan usaha-usaha di desa.

“Jadi sekali lagi saya tegaskan bahwa, mobil Bumdes bukan kendaraan operasional Kepala Desa, mobil itu harus digunakan untuk kegiatan usaha di desa,” tegasnya.

Laporan: Redaksi

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *