Pengurus Baru KOMPPAS, Resmi Dilantik

Keterangan Gambar : Suasana Pelantikan KOMPPAS

KENDARI – Menjelang akhir Desember 2019 Organda Korps Mahasiswa dan Pemuda Pasarwajo (KOMPPAS) sukses menyelenggarakan kegiatan pelantikan pengurus periode 2019-2020, pada Minggu (22/12/2019) lalu yang berlangsung di SMK Telkom Kota Kendari.

Dewan Pendiri KOMPPAS, Farlin mengungkapkan, bahwa pelantikan ini bakal menajadi arah dan harapan baru mahasiswa dan pemuda Pasarwajo di Kota Kendari.

“Seperti namanya ‘KOMPPAS’, Organda ini diharapkan menjaji penuntun arah bagi mahasiswa dan pemuda pasarwajo yang ada di Kota Kendari,” ujar Farlin.

Lanjut Farlin, kegiatan kali ini bertajuk tema aktualisasi nilai-nilai AD-ART KOMPPAS dengan semangat slogan Ta’de Asa-Asa , Hora Asa-Asa, Alalo Sina’a demi menghidupkan marwah Organisasi. Memang slogan yang tertuang dalam tema itu adalah sebuah representasi dari jiwa semangat para anggota-anggota.

“Lembaga ini pun hadir dengan 4 unsur seperti agama, pendidikan, sosial dan budaya,” ucapnya.

Yang unik dari sebuah lembaga ini adalah pemilihan pimpinannya dilakukan berdasarkan musyawarah dari beberapa dewan sara. Dewan sara yang dimaksud adalah sebuah dewan yang diangkat dari perwakilan beberapa desa/kelurahan di Kecamatan Pasarwajo untuk menjadi perwakilan dalam pengambilan keputusan.

Konsep Sara yang diangkat merupakan adopsi dari sistem tatanan masyarakat kedaerahan yang umumnya dipakai dalam kalangan masyarakat Buton. Hanya saja konsep Sara yang dimaksud disini tidak sepenuhnya sama dengan konsep Sara yang ada di masyarakat Buton pada umumnya.

“Seperti halnya DPR, Dewan Sara merupakan wujud legislatif dari sistem kelembagaan KOMPPAS,” jelas salah satu Dewan Sara KOMPPAs, Abdul Zaalhak.

Sementara itu, Ketua Umum terpilih 2019 – 2020, Israhmat dalam sambutan mengatakan, amanah yang diberikan ini adalah sebuah kenikmatan sekaligus tantangan secara bersamaan dalam periode setahun kedepan.

“Bantuan pengurus-pengurus sangat diharapkan untuk mewujudkan visi-misi Organisasi,” ucap Israhmat.

Dalam akhir acara pelantikan ini, beberapa hiburan pun dihadirkan untuk memberikan kesan menghibur kepada para tamu undangan seperti Tarian Kreasi Buton, Pertunjukkan Manca atau Silat dan lagu daerah. Bahkan ada beberapa tamu yang ikut berpartisipasi dalam salah satu hiburan tersebut.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *