Pemda Konkep Rutin Usulkan Bantuan Rehab Rumah

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Konkep, Drs. Danyal, M.Pd

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) sangat serius memperhatikan kondisi warganya. Hal ini nampak dari hadirnya bantuan-bantuan dari pusat untuk merehab rumah-rumah warga yang tidak layak huni.

Melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Konkep mendatangkan sejumlah bantuan rehab rumah yang dianggarkan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. Terhitung sejak tahun 2016 hingga tahun 2020, Konkep rutin keciprat bantuan bedah rumah tersebut.

“Program BSPS ini mulai ada di Konkep sejak tahun 2016 sampai tahun 2020, hanya tahun 2017 saja kita terhenti atau tidak mendapat bantuan rehab rumah,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Konkep,  Drs. Danyal, M.Pd saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/2/2021).

Potretsultra

Tahun 2020 lalu, lanjut Danyal, sebanyak 443 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) direhab dan ada 22 rumah yang dibangun baru. Tak hanya itu, Konkep juga keciprat bantuan dari APBD Provinsi Sultra untuk merehab 5 rumah.

Kata Danyal, program BSPS ini terdiri beberapa jenis yakni BSPS Reguler, BSPS Strategis, BSPS NHP yang dari Bank Dunia, BSPS Provinsi, dan BSPS yang dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Untuk tahun 2021 ini, Pemda Konkep melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman mengusulkan 7.326 rumah yang diharapkan mendapatkan bantuan dari program BSPS.

“Tahun 2021 ini kami usulkan sebanyak 7.326 rumah yang tersebar di 96 desa dan kelurahan se-Konkep,” jelasnya.

Meski begitu, Danyal mengakui, tentu tidak semua yang diusulkan akan keciprat bantuan rehab rumah. “Mudah-mudahan program ini bisa berkelanjutan, diharapkan masyarakat penerima bantuan dapat merespons bantuan ini,” ucapnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *