Pemda Konkep Genjot Penetapan Tapal Batas Desa

Keterangan Gambar : Kabag Pemerintahan Setda Konkep, Mahyun Halulanga, STP Saat Bermusyawarah di Salah Satu Desa (Foto: IST)

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) kembali melakukan penetapan dan penegasan tapal batas di sejumlah desa.

Hal ini untuk menindaklanjuti Permendagri Nomor 60 tahun 2019 dan Permendagri Nomor 45 tahun 2016 tentang persyaratan kodefikasi desa dan pedoman penetapan dan penegasan batas desa.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Konkep, Mahyun Halulanga, STP menjelaskan, pelaksanaan penetapan dan penegasan batas desa dan kelurahan ini dalam rangka memberikan petunjuk dan memperkuat batas wilayah pemerintahan pada aspek administrasi kewilayahan.

Mahyun mengaku, pada proses ini memang panjang dan menyulitkan yang dimulai dari proses perencanaan, identifikasi batas awal, mempertemukan adanya perbedaan batas, proses tinjauan lapangan dan memposisikan titik-titik koordinat kemudian mengikuti garis delianasi, penyusunan berita acara, penandatanganan sekaligus penyerahan berita acara batas desa.

“Ini semua kemudian outputnya adalah untuk Perbup tentang penetapan batas desa,” ujar Mahyun kepada Media Potretsultra.com, Kamis (15/7/2021).

Kata Mahyun, hingga tahun 2017 lalu baru 18 titik di Konkep yang ditetapkan tapal batas desanya. Di tahun 2021 ini, Pemda Konkep melalui Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah menargetkan ada 41 titik yang akan dilakukan penetapan dan penegasan tapal batas desa yang tersebar di 7 kecamatan se Konkep.

“Tahun ini kami upayakan ada 41 titik yang diberikan penetapan dan penegasan tapal batas desa pada aspek administrasi kewilayahan,” katanya.

Saat ini, lanjut Mahyun, Bagian Pemerintahan Setda Konkep sedang berkunjung ke sejumlah desa untuk dilakukan penetapan dan penegasan tapal batas desa. Hal tersebut dilakukan sejak tanggal 12 Juli 2021 lalu hingga satu bulan kedepannya.

“Tanggal 12 Juli sampai tanggal 13 Juli lalu kami lakukan penetapan dan penegasan di wilayah desa Bobolio Raya Kecamatan Wawonii Selatan. Kemudian di tanggal 14 Juli kemarin kami lakukan penetapan di wilayah desa Tekonea Raya Kecamatan Wawonii Timur,” jelasnya.

“Dalam waktu dekat kami juga akan mengunjungi kecamatan-kecamatan yang lain. Untuk wilayah Wawonii Tenggara, kami masih menyesuaikan jadwal Dinas PU yang akan memperbaiki akses Jalan Salongko yang akan dikerjakan dalam waktu dekat ini,” pungkasnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *