OSIS SMAN 3 Binongko Gelar Aksi Peduli Sulteng dengan ‘Pohamba-Hamba’

Pengurus OSIS SMAN 3 Binongko (Foto: IST)
Keterangan Gambar : Pengurus OSIS SMAN 3 Binongko (Foto: IST)

BINONGKO – Gempa disertai tsunami yang menguncang Kota Palu, Donggala, dan Sigi pada pekan lalu, sejumlah organisasi ataupun komunitas bahkan tingkat SMA di daerah turut membantu.

Seperti yang dilakukan oleh OSIS SMAN 3 Binongko Kabupaten Wakatobi menggelar aksi peduli kemanusiaan terhadap bencana gempa yang terjadi di Palu, Donggala, dan Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan mengangkat tema ‘Pohamba-hamba’ pada Sabtu (6/10/ 2018).

Ketua OSIS SMAN 3 Binongko, La Ode Syukur mengatakan, pihaknya menggelar aksi peduli kemanusiaannya dengan meminta sumbangan dana dari satu kelas ke kelas yang lain.

“Kalau dari sekolah memang setiap ada bencana pasti ada penggalangan dana sumbangan. Nanti siswa tinggal memasukkan sumbangannya ke kotak gitu,” kata La Ode Syukur melalui sambungan teleponnya.

Lanjut Syukur, kegiatan donasi ini dilaksanakan untuk menumbuhkan rasa empati dan solidaritas diantara sesama manusia.

“Insya Allah yang kita lakukan ini, sebagai bentuk empati dan solidaritas. Meski uang yang terkumpul tidak seberapa namun kami harap bisa meringankan korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi,” jelasnya.

Penggalangan dana ini mendapat dukungan dari komite sekolah, kepala sekolah, dewan guru dan seluruh anggota OSIS. Penggalangan dana dilakukan bukan hanya di kelas-kelas, tetapi juga dibantu oleh pihak-pihak terkait seperti keluarga besar SMAN 3 Binongko, komite sekolah, keluarga besar SMPN 3 Binongko, masyarakat Kelurahan Wali, Desa Jayamakmur, dan Desa Langongga.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Binongko, Edy Hasim memberikan apresiasinya terhadap inisiatif pengurus OSIS SMAN 3 Binongko yang melakukan penggalangan dana untuk membantu korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan sigi.

“Saya sangat merespon kegiatan pohamba-hamba karena ini merupakan sebagai rasa peduli terhadap sesama, akan tetapi juga merupakan ajang silaturahmi antara keluarga besar SMAN 3 Binongko dan anggota OSIS,” ungkap Hasim.

“Kami memberi contoh bagaimana seandainya itu terjadi kepada kita, dengan tujuan supaya anak-anak mulai dari kecil peka terhadap lingkungannya dan keadaan orang lain,” jelasnya.

Hari ini OSIS SMAN 3 Binongko resmi mentransfer donasinya sebanyak Rp.4.809.500 melalui rekening kerabat yang berada di Palu atas nama Jannatul Ma’wa.

Laporan: Erik Masrin
Editor: Jubirman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *