Mudahkan Transaksi Keuangan, Pemda Konkep Sosialisasi Penggunaan KKPD

Keterangan Gambar : Foto Bersama Usai Sosialisasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) gelar sosialisasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Konawe Kepulauan Tahun 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat Se Konkep dan dibuka langsung oleh Sekda Konkep Ir. H. Cecep Trisnajayadi, MM.

Sambutan Bupati Konawe Kepulauan melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Konkep Ir. H. Cecep Trisnajayadi, MM mengungkapkan, di era saat ini pengelolaan keuangan daerah mengalami berbagai perubahan sebagai penanda bahwa pengelolaan keuangan daerah harus terus bertranformasi menyesuaikan zaman bermuara pada sistem pemerintah berbasis elektronik.

“Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) nomor 79 tahun 2022 tentang petunjuk teknis penggunaan kartu kredit pemerintah daerah dalam pelaksanaan APBD, sebagai bentuk inovasi pemerintah dalam menjawab tuntutan perkembangan teknologi maupun digitalisasi yang kian pesat,” ungkap Cecep Trisnajayadi.

“Kegiatan sosialisasi ini nantinya akan melakukan penandatanganan MoU Pemerintah Daerah Konkep dengan Bank BPD Sultra yang akan memfasilitasi penerbitan KKPD Kabupaten Konkep,” sambungnya.

Suasana Sosialisasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah di Aula Rujab Bupati Konkep

Suasana Sosialisasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah di Aula Rujab Bupati Konkep

Lebih lanjut Cecep menjelaskan, fungsi utama KKPD yakni sebagai kredit untuk memudahkan melakukan pembayaran antara lain belanja keperluan dinas jabatan seperti membiayai perjalanan dinas pejabat atau staf, akomodasi hotel, hingga makan atas belanja yang di bebankan APBD berupa tagihan belanja dan jasa melakukan mekanisme Uang Persediaan (UP).

“Dengan penerapan KKPD ini saya harapkan dapat menjadikan akselerasi penyerapan lebih cepat yang akan membantu pergerakan ekonomi masyarakat dan UMKM dengan meningkatkan peraturan uang daerah diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Konkep Mahmud, SP, M.PW mengatakan, sekarang ini yang ingin didorong adalah objek aktualisasi barang dan jasa, yang berkaitan dengan dengan sosialisasi KKPD.

“Kita mau belanja UP Tunai dan UP KKPD belum tersedia, kita ingin belanja seperti perjalanan dinas, mau beli ATK dan makan minum dengan KKPD ini memudahkan kita untuk transaksi melalui penggunaan barceklis melalui fitur-fitur di Bank Sultra. Itu menjadi pertimbangan kami sehingga kita selenggarakan kegiatan ini,” ujar Mahmud.

“Karena akan berbeda nanti belanja penatausahaan barang dan jasa dengan belanja modal. Kalau untuk belanja modal kita tetap mengacu mekanisme yang ada. Kami ingatkan bahwa UP KKPD ini tidak di gunakan untuk UP belanja pegawai atau UP Belanja modal,” tambahnya.

Mahmud berharap, KKPD ini dapat mendorong optimalisasi belanja daerah. Kondisi yang terkini dengan terintegrasi penggunaan sinkronisasi digitalisasi salah satunya dengan menggunakan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). SIPD ini mudah-mudahan bisa mem-backup layanan Semua informasi di daerah, dan bisa optimal diterapkan di Kabupaten Konawe Kepulauan.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memudahkan dalam proses transaksi di daerah, dan diharapkan akan berjalan optimal sesuai yang kita harapkan dan sesuai dengan ketentuan perundangan undangan,” tutupnya.

Untuk diketahui kegiatan KKPD ini dihadiri oleh Perwakilan dari Bank Indonesia dan Perwakilan dari Bank BPD Sultra sebagai narasumber dalam acara KKPD tersebut

Laporan: Jarman

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *