MK Resmi Tolak Gugatan Oheo – Mutaqin di Pilkada Konkep

Keterangan Gambar : Hasil Screenshot Saat Hakim MK Membacakan Putusan Terkait Perkara di Pilkada Konkep

Potretsultra

JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) resmi menolak gugatan yang diajukan oleh pasangan calon nomor urut 4, Muh Oheo Sinapoy dan Muttaqin Siddiq di Pilkada Konawe Kepulauan (Konkep) melalui sidang pengucapan putusan yang digelar pada Senin (15/2/2021).

Sidang pengucapan putusan dan ketetapan tersebut dilaksanakan pada 09.00 Wib sampai selesai di Ruang Sidang Lt.2 Gedung 1 Mahkamah Konstitusi Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 6-7, Jakarta.

“Menyatakan Mahkamah Konstitusi tidak berwenang mengadili permohonan pemohon,” ucap Hakim Konstitusi, Anwar Usman.

Kata Anwar, keputusan ini diambil melalui Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) oleh sembilan Hakim Konstitusi pada Rabu (10/2/2021) lalu. Mereka diantaranya Anwar Usman selaku ketua merangkap anggota, Aswanto, Wahiduddin Adams, Enny Nurbaningsih, Suhartoyo, Daniel Yusmic P Foekh, Arief Hidayat, Saldi Isra, dan Manahan M.P Sitompul yang masing-masing sebagai anggota.

Sementara itu, Ketua KPU Konkep, Iskandar saat dihubungi Media Potretsultra.com membenarkan adanya putusan MK yang resmi menolak gugatan yang diajukan oleh Paslon Oheo – Mutaqin.

Potretsultra

“Iya benar, MK telah mengeluarkan ketetapan tidak berwenang mengadili permohonan pemohon,” ujar Iskandar.

Iskandar juga mengatakan, saat ini pihaknya sedang menunggu salinan putusan MK perkara Nomor 07/PHP.BUP-XIX/2021 tentang sengketa perselisihan hasil pemilihan Kabupaten Konawe Kepulauan tersebut melalui KPU RI. Jika salinan putusan tersebut sudah diterima, maka KPU Konkep segera menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Konkep terpilih.

“Kami masih menunggu salinan putusan MK tadi melalui KPU RI, setelah itu baru kami menetapkan calon bupati dan wakil bupati terpilih,” jelasnya.

Untuk diketahui, Pilkada Konawe Kepulauan yang digelar pada 9 Desember 2020 lalu dimenangkan oleh pasangan nomor urut 1, Ir. H.Amrullah, MT dan Andi Muhammad Lutfi, SE, MM dengan perolehan 12.769 suara. Sedangkan Paslon nomor urut 2 memperoleh 7.183 suara, Paslon nomor urut 3 memperoleh 4.669 suara, dan Paslon nomor urut 4 yakni 214 suara.

Laporan: Jubirman

Potretsultra Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *