Meriahkan HUT RI ke 74, HMI Baubau Ikut Gerak Jalan

Keterangan Gambar : Barisan Gerak Jalan HMI Cabang Baubau Saat Rayakan HUT RI 74 (Foto: Redaksi)

Potretsultra

BAUBAU – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Baubau turut berpartisipasi pada Lomba Gerak Jalan Indah (GJI) dalam rangka peringatan HUT RI yang Ke 74 tahun, Kamis (15/8/2019).

Menurut Ketua Umum HMI cabang Baubau, La Ode Rizki Satria, HMI yang lahir dua tahun pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia tepatnya pada 1947 tentu banyak merasakan dinamika dan gejolak yang terjadi di bangsa ini.

Tak hanya melakukan pengawalan terhadap roda pemerintahan, lanjut Rizki, HMI juga terlibat dalam perang mengangkat senjata saat agresi militer Belanda 2 demi mempertahankan keutuhan NKRIkala itu.

“Makanya Jendral Soedirman pernah menyebut bahwa HMI bukan hanya Himpunan Mahasiswa Islam tetapi juga Harapan Masyarakat Indonesia,” ujar Rizki.

Potretsultra

Kata Rizki, keikutsertaan HMI Cabang Baubau pada lomba GJI adalah bentuk partisipasi dan sikap nasionalisme kader-kader HMI dalam memperingati dan merefleksi perjuangan kemerdekaan bangsa di 74 tahun yang lalu.  “Ini adalah yang perdana dilakukan di Cabang Baubau sejak ia berdiri. Bahkan di HMI se Sulawesi Tenggara sepertinya,” katanya.

Tak hanya itu, Rizki juga menerangkan, HMI Baubau besok bakal berencana akan melakukan kunjungan ziarah ke makam pahlawan yang ada di Kota Baubau. Hal ini sebagai bentuk penghormatan generasi terhadap pejuang-pejuang yang telah gugur sembari memberikan do’a kepada mereka.

“Saya berharap kedepan kegiatan-kegiatan seperti ini akan dilakukan oleh pengurus selanjutnya dan semoga momentum peringatan kemerdekaan ini dapat meningkatkan jiwa patriotisme dan semangat nasionalisme seluruh masyarakat khususnya kader-kader HMI yang ada di Kota Baubau,” harapnya.

Laporan: Irfan
Editor: Jubirman

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *