Lukman Abunawas Bakal Hadiri Pengukuhan Kerukunan Keluarga Tolaki Wawonii

Keterangan Gambar : Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas (Foto: IST)

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Kerukunan Keluarga Tolaki Wawonii (KKTW) bakal menggelar Musyawarah Besar (Mubes) perdana atau ke – 1 di Desa Wungkolo Kecamatan Wawonii Selatan, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

Ketua pelaksana kegiatan, James Adam Moke mengungkapkan, awalnya Mubes pertama KKTW di Konkep ini dijadwalkan pada 19 Agustus 2020. Namun kini bergeser ke Kamis, 20 Agustus 2020 kedepan yang akan dipusatkan pelaksanaan kegiatannya di Lapangan Sepak Bola Desa Wungkolo.

James Adam Moke yang juga Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan Konkep ini menambahkan, direncanakan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas bakal menghadiri agenda Mubes sekaligus dengan pengukuhan KKTW tersebut.

“Pak Wagub Sultra sangat antusias karena akan dirangkaikan dengan kegiatan  Bakti Sosial dari Wagub yakni sunatan massal, pengobatan gratis, dan kegiatan-kegiatan lain,” ungkap James kepada Potretsultra.com, Senin (17/8/2020) kemarin.

Selain Lukman Abunawas, agenda pengukuhan KKTW ini juga akan dihadiri oleh Mantan Wali Kota Kendari yang juga kini menjabat sebagai Ketua DPP Lembaga Adat Tolaki (LAT), Mansyur Masie Abunawas. James juga mengatakan, bahwa Bupati Konkep, Amrullah ikut diundang dalam agenda KKTW tersebut untuk melakukan pengukuhan secara resmi Kerukunan Keluarga Tolaki Wawonii.

Yang menjadi dasar pemikiran Kerkukunan Keluarga Tolaki Wawonii perlu dibentuk dan terikat dalam satu wadah bersama, kata James, karena pada dasarnya dengan secara empiris termasuk data umum yang ada, ternyata komunitas Suku Tolaki yang sudah secara turun temurun ada di Wawonii ini jumlahnya tidak sedikit.

“Kalau estimasi awal kami secara keseluruhan yang sampai saat ini bisa mencapai 5.000 jiwa yang tersebar di 7 kecamatan, di 96 desa dan kelurahan itu,” ucapnya.

Atas jumlah yang besar ini, James menerangkan, KKTW juga ingin memberikan kontribusi di Konkep, bukan hanya dari segi pemerintahan saja yang meniti karir sebagai abdi negara di Pulau Wawonii. namun puhaknya juga ingin lebih terkoordinir, dan ingin terlibat dalam kontribusi sosial kemasyarakatan atau pemberdayaan masyarakat.

“Saya kira dengan potensi yang ada ini, ketika kita memberikan support terhadap pembangunan yang sedang giat-giat dilakukan oleh pemerintah, berarti secara tidak langsung kita telah ikut serta berkontribusi dalam pembangunan daerah ini tentunya,” terangnya.

Apalagi lanjut James, bahwa pembangunan itu tidak hanya berada di pundak pemerintah, tetapi esensi pembangunan sebenarnya ada pada masyarakat.

“Itulah yang menjadi dasar pemikiran kami, dengan potensi yang besar ini untuk sama-sama membangun Konawe Kepulauan,” jelasJames Adam Moke.

Bagi warga Konkep dari keluarga Suku Tolaki yang belum sempat menerima undangan dari kegiatan ini agar, James Adam mengajak untuk bergabung bersama mensukseskan agenda Mubes ke -1 dan sekaligus pengukuhan KKTW oleh Bupati Konkep, Amrullah yang disaksikan langsung oleh Wagub Sultra, Lukman Abunawas dan Ketua DPP Lembaga Adat Tolaki, Mansyur Masie Abunawas.

Laporan: Jubirman

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *