LPPM FKIP UHO Beri Pelatihan Pembelajaran Berbantuan Software Lektora Inspire

Keterangan Gambar : Suasana Pelatihan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Software Lectora Inspire di Sekolah SMA Al Quran Wahdah Islamyah

KENDARI – Guna menumbuhkembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) menghelat pelatihan pendampingan pembuatan pengembangan perangkat pembelajaran berbantuan Software Lectora Inspire di Sekolah SMA Al Quran Wahdah Islamyah Kota Kendari, Sabtu (7/12/2019). 

Ketua Tim LPPM FKIP UHO, Drs H Muhammad Sirih dalam materinya menyampaikan, bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan merupakan satu terobosan yang luar biasa. Dukungan TIK ini diharapkan dapat menjadi suatu inovasi dalam pembelajaran dengan banyak melibatkan komponen-komponen teknologi informasi didalamnya.

Oleh karena itu kata dia, dalam era globalisasi sektor pendidikan pun tak luput dari jangkauannya, yaitu dengan melibatkan teknologi didalamnya dapat menghasilkan suatu sistem pendidikan. Saat ini juga lanjutnya, telah tersedia banyak program aplikasi yang dapat dimanfaatkan sebagai teknologi komunikasi dan informasi untuk keperluan pendidikan, salah satunya yakni Software Lectora Inspire.

Keunggulan aplikasi bebantuan software tersebut, katanya, memiliki fitur publikasi dengan berbagai macam tipe baik untuk kebutuhan online maupun offline, sehingga desain yang dihasilkan dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam sistem, metode pembelajaran dan memudahkan guru dalam merencanakan pembelajaran.

“Software Lectora Inspire dapat digunakan untuk membuat konten website atau kursus pelatihan online, penilaian, presentasi, serta dapat mengkonversi presentasi dari microsoft powerpoint ke dalam konten e-learning. Software Lectora Inspire sangat mudah untuk digunakan dalam mengembangkan konten pembelajaran interaktif,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa target yang akan dicapai dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah agar bagaimana pihak sekolah dapat memanfaatkan software lectora inspira yang interaktif dan edukatif yang berisi sajian video, gambar dan audio yang dirancang sesuai dengan standar siswa dan berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar satuan ajaran.

“Target sekunder yang diharapkan dari kegiatan ini adalah mengasah kemampuan dan kreativitas para guru untuk berinovasi mengembangkan dan mengelaborasi materi ajar serta memiliki soft skill dalam menyusun dan mendesain perangkat pembelajaran dalam bentuk off line maupun on line,” sambungnya.

Tidak hanya itu, dia bilang, bahwa pelatihan ini memberikan beberapa materi terkait dengan upaya mengembangkan sebuah Software Lectora Inspire sebagai salah satu software yang memiliki banyak manfaat yang disesuaikan dengan kebutuhan pengajaran. Guru dapat dengan mudah mempersiapkan perangkat pembelajaran mereka di kelas.

“Oleh karena itu,untuk lebih memahami dan mengembangkan suatu perangkat yang menarik dan sesuai dengan keinginan, maka dibutuhkan lagi latihan yang lebih rutin oleh masing-masing guru setelah pelatihan ini.Agar ilmu yang diperoleh dapat dikembangkan dan dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan pengajaran di kelas,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut,diikuti oleh Kepala Sekolah,guru-guru,dan staf di SMA Al Quran Wahdah Islamyah Kota Kendari, dan bertindak sebagai pemateri yakni Ketua LPPM Drs H M Sirih.

Laporan: LAN
Editor: Ismed

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *