Konkep Dapat ‘Hadiah’ DID 2,8 Miliar dari Kemenkeu RI

Keterangan Gambar : Kepala Bappeda Konkep, Safiuddin Alibas

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI) bakal mengucurkan Dana Insetif Daerah (DID) untuk Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

 

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Konkep, Safiuddin Alibas. kata dia, jumlah dana DID yang didapatkan Kabupaten Konkep sebesar Rp 2.837.050.000.  Dana tersebut nantinya akan dialokasikan di tahun 2022 nanti.

 

Safiuddin Alibas juga menjelaskan prinsip sesungguhnya penggunaan anggaran DID itu untuk meningkatkan layanan publik, seperti peningkatan infrastruktur, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki prinsip menyesuaikan dengan prioritas dan kondisi daerah.

“Ada 4 kriteria utama yakni penetapan APBD tepat waktu, WTP, E-goverment dan pelayanan PTSP, yang sekarang menjadi 3 yakni penetapan APBD tepat waktu, WTP dan Indeks Inovasi Daerah. selanjutnya ada 23 indikator diantaranya terkait Kesehatan, Pendidikan, PU, Sosial dan pencegahan korupsi,” jelas Safiuddin.

Safiuddin juga menuturkan, Pemda Konkep akan terus berupaya mempertahankan atas predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang pernah diraihnya. Olehnya itu, Pemda  akan melakukan tata kelola keuangan yang lebih baik lagi, sehingga penyajian laporan keuangan akan menjadi lebih baik.

“Caranya 4 atau 3 kriteria harus menjadi fokus dan perhatian kita, 23 indikator harus mampu dikerjakan oleh OPD terkait misal air minum layak capaiannya harus diatas 90% atau nilai A,” tutupnya.

Laporan: Redaksi

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *