Kongres PAN V, Sultra Tak Full Dukung Zulhas

Keterangan Gambar : Suasana jamuan makan malam di kediaman Bupati konawe Kerry Konggoasa, dipuwatu bersama calonketua umum DPP PAN Mulfachri Hanafi ikut serta jamuan makan Umar Samiun, Rauf Ketua DPD PAN Konut.(Foto:Ismed)

KENDARI  – Jelang Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) V di Kendari, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulawesi Tenggara (Sultra) tak full mendukung incubent Zulkifli Hasan sebagai caketum PAN Periode 2020-2025. Ketua Harian DPW PAN Sultra Kery Saiful Konggoasa mengungkapkan kader PAN Sultra tidak full mendukung Zulkifli Hasan (Zulhas). Ketegasan Bupati Konawe ini membatah klaim yang disampaikan oleh Ketua DPW PAN Sultra Abdurrahman Shaleh.

Dimana sebelumnya, Abdurrahman Shaleh mengklaim bahwa PAN Sultra bulat mendukung Zulhas kembali memimpin partai berlambang matahari terbit itu untuk lima tahun ke depan nantinya. Dukungan terhadap mantan Ketua MPR RI tersebut merupakan aspirasi dari seluruh DPD di Sultra.

Kery menyatakan, beberapa DPD yang tidak mendukung Zulhas, salah satunya DPD PAN Konawe. Kata dia, DPD PAN Konawe tunduk dengan apa yang dikatakan oleh pendiri PAN Amin Rais. Amin Rais sendiri di kongres PAN mendukung Calon Ketua Umum (Caketum), Mulfachri Harahap.

“Yang pasti terdapat beberapa DPD yang mendukung Mulfachri, selain DPD PAN Konawe, hanya saja saya tidak mau bilang. PAN Konawe mendukung apa yang didukung Amin Rais,” ujar Kery ditemui di Hotel Claro Kendari, Sabtu (8/2/2020) malam.

Bupati Konawe lebih detail lagi menjelaskan sesuai tradisi PAN sejak kongres ke-1 tahun 1998 sampai kongres ke-IV tahun 2015, ketua umum partai cuman menjabat satu periode. Itu dilakukan untuk menajamkan menajemen dalam tubuh partai.

“Semua yang memimpin PAN berhasil. Sekarang banyak kader yang ingin perubahan, bukan tidak disukai Zulkifli, namun dinamika yang ada di PAN sudah seperti begitu. Jadi kalau ada kader yang masih menginginkan Zulhas dua periode, patut dipertanyakan,” terang Kery.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Buton Laode Rafiun mengaku, belum menentukan sikap terkait pilihannya di kongres PAN. Namun siapapun yang akan mencalonkan diri sebagai ketua umum merupakan kader terbaik PAN yang nantinya akan dipilih semua ketua DPD di Indonesia.

“Semua calon pastinya kader terbaik dari PAN, untuk pilihannya nanti saat kongres,” ujar Rafiun saat dihubungi, Minggu (9/2/2020).

Kongres PAN ke-V diadakan di Kendari pada 10-12 Februari 2020.Agenda utama adalah memilih ketua umum. Ada tigw kandidat yang akan bersaing melawan kekuatan Zulkifli Hasan yang merupakan calon incumbent, mantan MenPAN RB Asman Abnur, anggota DPR RI Mulfachri Harahap, dan Ekonom yang juga mantan anggota DPR RI periode 2004-2009 Dradjad Wibowo.

Laporan:  La Ismeid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *