Kesbangpol Konut Sosialisasi Pendidikan Politik untuk Pemilih Pemula

sosilisasi pemilih pemilih pemula di SMA Negri 1 Lembo oleh Kesatuan bangsa dan politik (kesbangpol) kabupaten konawe Utara (Foto: Sulham)
Keterangan Gambar : sosilisasi pemilih pemilih pemula di SMA Negri 1 Lembo oleh Kesatuan bangsa dan politik (kesbangpol) kabupaten konawe Utara (Foto: Sulham)

Konawe Utara – Sebanyak 150 siswa siswi SMA Negeri 1 Lembo mengikuti sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) , Selasa (12/12/2018).

Kepala Kesbangpol, Budiman mengatakan, kegiatan ini merupakan sarana pembelajaran bagi siswa-siswi yang akan menjadi pemilih pemula agar mengetahui etika dan moral politik karena pelaksanaan demokrasi merupakan bagian dari perkembangan pemikiran masyarakat dalam proses politik.

Lanjut Budiman, secara umum pemerintah daerah mempunyai kewenangan dalam bidang politik untuk membina masyarakat dan menciptakan situasi dan kondisi politik yang lebih baik.

“Sebagai pemilih pemula harus mengetahui etika, dan moral politik, selain itu juga sebagai sarana untuk memberikan kesadaran hak dan kewajiban sebagai warga negara yang berpartisipasi aktif dalam kehidupan demokrasi,” tutur Budiman.

Ditambahkanya, pendidikan politik bagi pemilih pemula yang utama mengenai etika dan moral berpolitik yang baik berdasarkan nilai-nilai pada pemilu. Karena Pemilu merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang demokrasi.

“Dengan sosialiasasi pendidikan politik diharapkan kepada pemilih pemula berperan aktif sebagai pemilih pemula untuk menyukseskan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil pada pemilu mendatang,” tandasnya.

Budiman berharap, dengan adanya sosialisasi ini, para siswa bisa menyalurkan pengetahuannya kepada para pemilih pemula yang lainnya sehingga bisa tercipta demokrasi yang baik di negara Indonesia.

Salah Satu siswa SMA Negeri 1 Lembo mengatakan bahwa dengan adanya sosialisasi ini dirinya semakin mengerti dan mempunyai gambaran mengenai politik.

“Sebagai calon pemilih pemula yang sebelumnya tidak paham, Alhamdulillah dari sosialisasi pendidkan politik ini bisa lebih mengerti dan mempunyai gambaran mengenai politik,”ucapnya.

Ia juga mengatakan, siap untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan umum dalam pesta demokrasi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR-RI, DPD-RI, DPRD Prov dan DPRD Kab dalam waktu bersamaan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

“Saya siap menggunakan hak pilih dan siap menjadi pemilih yang cerdas,” pungkasnya.

Laporan: Sulham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *