Kesbangpol Konkep Tegur Ormas yang Habis Masa Berlaku

Keterangan Gambar : Kepala Badan Kesbangpol Konkep, Ihwan Algasary (Foto: IST)

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Organisasi Masyarakat (Ormas) di wilayah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) yang telah habis masa berlakunya ataupun yang baru terbentuk agar segera dilaporkan ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

“Seluruh pengurus Ormas yang berada dalam wilayah kerja Kabupaten Konkep untuk segera melapor, hal ini berlaku bagi ormas yang telah habis masa berlaku maupun yang baru terbentuk dan belum pernah melapor,” ujar Kepala Badan Kesbangpol Konkep, Ihwan Algasary kepada Potretsultra.com, Rabu (9/6/2021).

Ihwan Algasary  mengatakan hingga tahun 2021 baru terdapat satu ormas lama yang menyampaikan laporan status keberadaannya dan satu ormas baru yang menyampaikan Surat Keterangan Terdaftar (SKT-nya). Ia menambahkan, sesuai Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 57 tahun 2017 tentang pendaftaran dan Pengelolaan Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan menetapkan SKT berlaku selama 5 (lima) tahun.

“Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh Ormas dan yayasan yang telah berakhir SKT-nya untuk segera menunaikan kewajibannya melaporkan kembali melalui Kesbangpol Kabupaten Konawe Kepulauan,” katanya.

Lanjut Ihwan Algasary, hal ini dilakukan selain untuk menata eksistensi Ormas juga mendorong agar Ormas berfungsi sesuai tujuan pembentukannya sebagaimana diatur dalam pasal 5 UU no 17 tahun 2013 yaitu, meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat, memberikan pelayanan kepada masyarakat, menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap tuhan yang maha Esa, melestarikan dan memelihara norma, nilai, moral, etika dan budaya yang hidup dalam masyarakat, memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta mewujudkan tujuan bernegara.

“Kesbangpol telah membuat formulir untuk daftar ulang keberadaan organisasi kemasyarakatan yang ada di wailayah kerja kami, formulir tersebut dapat diambil di Kantor kesbangpol di Jalan Poros Langara – Lampeapi Kompleks Perkantoran,” pungkasnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *