Anies ‘Rajai’ Elelektabilitas Figur Capres 2024, Disusul AHY dan Ganjar

Keterangan Gambar : Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan Saat Dialog Bersama Sekjen PBB Melalui Daring (Sumber: Fanspage FB Milik Anies Baswedan)

Potretsultra

 JAKARTA – Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 terbilang masih jauh, namun genderang politik menuju kesana makin runcing terlihat dinamikanya.

Sejumlah figur mulai muncul ke permukaan, ada pemain lama namun banyak terhiasi pemain-pemain baru. Nama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto muncul kembali ke papan percaturan politik nasional menuju Pilpres 2024. Ada juga nama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. Putra mahkota SBY itu disebut-sebut sebagai politisi muda yang juga layak bertarung ke gelanggang Pilpres nanti.

Selain nama para ketua umum partai, muncul juga para nama kepala daerah. Seperti nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan yang selalu tampil ‘merajai’ di setiap hasil survei. Ada pula nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang disebut-sebut sebagai politisi PDIP yang layak maju Capres. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga masuk dalam bursa Capres, begitu pula nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Inda Prawansa yang masuk dalam bursa survei.

Lembaga Analis dan Konsultan Politik Indonesia, Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) kembali meluncurkan hasil Surveinya yang bertajuk Potret Kondisi Sosial dan Konfigurasi Politik tahun 2024.

“Seperti sebelumnya temuan Survei CISA, Anies Baswedan yang merupakan Gubernur DKI Jakarta berada di posisi teratas dengan raihan 19,20 persen. Kemudian disusul oleh AHY yang mendapatkan 15,51 persen serta ditempel ketat oleh Ganjar Pranowonyang mendapatkan 15,33 persen sedangkan Prabowo Subianto hanya mendapatkan 10,26 persen,” tutur Direktur Eksekutif CISA, Herry Mendrofa dalam keterangan persnya, Kamis (3/6/2021) kemarin.

Di Posisi kelima dalam survei CISA, lanjut Herry, memunculkan nama Menteri BUMN, Erick Tohir dan diposisi ke enam ada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Kemudian disusul Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Andika Perkasa di bursa kepemimpinan nasional di 2024 mendatang.

“Cukup menarik, secara on the spot Menteri BUMN, Erick Tohir mampu mendulang 9,76 persen dan mengungguli Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang mendapatkan 7,55 persen serta Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal (TNI) Andika Perkasa sebesar 7,15 persen,” kata Herry.

“Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto mendapatkan 3,47 persen. Meskipun demikian nama Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka disebutkan sebanyak 2,43 persen dan mengungguli Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang mendapatkan 1,35 persen sedangan 7,99 persen masyarakat belum menentukan sikapnya,” sambungnya.

Sementara itu untuk elektabilitas Partai Politik (Parpol) jika Pemilihan Legislatif (PILEG) dilakukan hari ini maka PDI-Perjuangan berhasil mengungguli parpol lainnya kemudian disusul oleh Partai Demokrat yang menunjukkan peningkatan elektabilitasnya serta Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa.

“PDI-Perjuangan cukup unggul elektabilitasnya dari parpol lainnya karena berhasil meraih 18,91 persen kemudian di posisi kedua ada Partai Demokat yang menunjukkan eskalasi keterpilihan di angka 13,22 persen yang disusul oleh Partai Golkar sebesar 11,65 persen serta Partai Kebangkitan Bangsa yang mendapatkan 11,20 persen,” jelas Herry.

Sedangkan Gerindra dan Nasdem keluar dari 5 besar serta adanya penguatan elektabilitas Partai Keadilan Sejahtera yang membuat PAN dan PPP harus berada di posisi terakhir.

“Gerindra dan Nasdem keluar dari 5 besar. Gerindra mendapatkan 10,36 persen sedangkan PKS kembali menguat di 9,33 persen serta Nasdem harus puas karena hanya mendapatkan 6,43 persen. Di posisi terakhir ada Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendapat 3,35 persen dan Partai Persatuan Pembanguan (PPP) sebesar 2,88 persen.  Namun masih terdapat 12,67 persen masyarakat yang belum menentukan sikap. Hal ini bisa digarap oleh semua parpol termasuk non DPR-RI,” pungkas Herry Mendrofa.

Laporan: Redaksi

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *