Kepesertaan BPJS di Konkep Capai 99,78 Persen

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Sosial Dinsos, Muh Rustam Arifin

KONAWE KEPULAUAN – Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) telah berhasil mencapai angka tinggi yakni 99,78 persen.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Muh Rustam Arifin. Ia mengaku, distribusi BPJS Kesehatan di Konkep berjalan dengan baik dan lancar. “Alhamdulillah distribusi BPJS di Konkep ini berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Rutam saat ditemui di ruangannya, Selasa (28/1/2020) kemarin.

Kartu BPJS yang dibiayi oleh APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten tersebut, lanjut Rustam, sudah terdistribusi di seluruh kecamatan dan desa yang ada di Kabupaten Konawe Kepulauan. Hingga kini BPJS yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini yang disebut dengan Jamkesda sebanyak 7.476 jiwa.

Sedangkan BPJS yang dibiyai dari APBN yang telah berjalan beberapa tahun sebelum berlaku Jamkesda itu totalnya untuk Konkep 24.351 jiwa, dan yang dibiayai APBD Provinsi berjumlah 2.246 jiwa.

“Sehingga secara keseluruhan dari jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Konkep yang dibiayai oleh APBN, APBD Provinsi, dan APBD Kabupaten sudah berjumlah 37.202 jiwa atau sebesar 99,78 persen,” bebernya.

Kata Rustam, data ini terangkum per 31 Desember 2019. Meski begitu, ia juga mengakui saat ini masih ada warga Konkep yang belum memiliki itu. Namun upaya-upaya dinas yang terus dilakukan saat ini yaitu bekerja sama dengan Penerintah Desa.

“Ini kita bekerja sama mendorong para Kepala Desa untuk menginventarisir di wilayah kerja nya masing-masing kalau ada warganya yang belum memiliki BPJS ini,” jelasnya.

Sambung Rustam, selanjutnya data-data dari desa itu lah bekerja sama dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Warga bisa menyetor data itu ke TKSK, bisa juga langsung ke Dinas Sosial.

“Proses kita di dinas sosial itu tidak dihitung berapa hari, kalau hari ini begitu sudah ada keterangan bahwa yang bersangkutan belum memiliki BPJS, ada keterangan dari desa, kita berikan rekomendasi, kemudian dibawa ke BPJS, dan hari itu juga bisa langung dicetak serta bisa berlaku mulai hari itu juga,” katanya.

Hal ini, menurut Rustam, karena Konkep telah berhasil mendapatkan status kategori Universal Health Coverege (UHC). Dari di 17 kabupaten/ kota yang ada, yang sudah masuk kategori UHC itu hanya di dua daerah yakni Konkep dan Konawe Utara.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *