Kadis PMD Konkep: BLT Dana Desa Berlanjut di Tahun 2021

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Konkep, Drs H Mihdar

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Karena saat ini masih dalam suasana Pandemi Covid-19, sehingga sejumlah bantuan sosial masih terus dilanjutkan pada tahun 2021 ini, termasuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Kepala Dinas Pembedayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Drs. H. Mihdar mengungkapkan, sesuai dengan Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 13 Tahun 2020 bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa tetap dilanjutkan pada tahun 2021 ini.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri itu di tahun 2021 lanjut, hanya jumlahnya itu berkurang dari yang kemarin,” ujar H. Mihdar saat ditemui di ruangannya, Rabu (13/1/2021).

Lebih lanjut, Mihdar mengatakan, untuk tahun 2021 ini tiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima Rp. 300 ribu per bulan selama 12 bulan atau 1 tahun. Hanya saja, kemungkinan akan disalurkan pada bulan Maret karena biasanya pencairan Dana Desa juga cair di bulan Maret.

“Di Bulan Januari ini biasanya belum cair Dana Desa, nanti bulan Maret baru cair. Tapi nanti semua sudah akan dihitung dari Januari sampai Maret,” katanya.

Mihdar berharap, dengan adanya BLT ini yang melalui Dana Desa, masyarakat betul-betul bisa memanfaatkan paling tidak untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Tak hanya itu, ia juga berharap agar para stakeholder di desa untuk tetap mengawal dan memantau penyaluran BLT tersebut.

“Kami juga berharap agar seluruh stakeholder di desa dan para pegiat media untuk tetap sama-sama memantau dan mengawal penyaluran BLT,” harapnya.

Saat menyalurkan BLT, Mihdar menegaskan ke para Kepala Desa (Kades) agar tidak bermain-main dengan bantuan ini. “Kalau ada yang mau mencoba main-main dengan BLT Dana Desa ini, maka regulasinya jelas itu. Saya sangat berharap jangan mengabaikan regulasi dalam penyaluran BLT,” tegasnya.

Meski begitu, Mihdar juga mengapresiasi 89 Kades yang tersebar di 7 kecamatan se Konkep karena pada penyaluran BLT Dana Desa di tahun 2020 kemarin berjalan sangat maksimal sesuai yang diharapkan.

“Di tahun 2020 kemarin kita bahkan mendapat penghargaan dari Kementerian Desa karena pencairan BLT kita Alhamdulillah sesuai dengan mekanisme yang ada dan tidak ada yang tertunda. Kedepan kita harapkan mudah-mudahan lebih baik lagi dari tahun 2020 kemarin,” tutupnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *