Ini 4 ‘Wajah Baru’ Lolos ke DPD RI Wakili Sultra

4 Wajah Baru yang Lolos DPD RI
Keterangan Gambar : 4 Wajah Baru yang Lolos DPD RI

KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah rampung melakukan perhitungan perolehan suara Calon DPD Ri Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (11/5/2019).

Dari empat nama yang berhasil melenggang ke DPD RI mewakili Sultra ini, tak ada satu pun Calon Legislatig (Caleg) DPD RI yang berasal dari petahana. Keempat figur itu merupakan ‘wajah baru’ yang berhasil mendapatkan ‘tiket’ untuk duduk di senayan.

Istri Bupati Bombana, Andi Nirwana mampu berada di posisi teratas dari empat nama yang lolos ke DPD RI. Pemilik nomor urut 25 di calon DPD RI itu berhasil mendulang 130.124 suara di seluruh 17 kabupaten/ kota se – Sultra. Angka ini jauh meninggalkan para pesaingnya di DPD RI Dapil Sultra.

Figur yang menduduki di posisi kedua pemegang suara tertinggi Calon DPD RI di Bumi Anoa ini yaitu mantan Wali kota Baubau dua periode, Amirul Tamim. Anggota DPR RI periode 2014 – 2019 ini berhasil meraup 73.399 suara. Amirul Tamim sebenarnya merupakan ‘wajah lama’ di senayan, ia hanya bergeser dari DPR RI ke DPD RI untuk periode 2019 – 2024. Namun untuk di DPD RI Amirul Tamim termasuk pendatang baru.

Sedangkan posisi ketiga ditempati anak dari Ridwan Bae, Rabia Al Adawia Ridwan. Srikandi muda Sultra nomor urut 65 ini mampu mengoleksi 62.052 suara.

Figur keempat yang berhasil pula duduk di DPD RI untuk periode 2019 – 2024 yakni seorang yang diketahui berprofesi sebagai dokter yaitu dr. Dewa Putu Ardika Seputra. Politisi yang berlatar belakang profesi kesehatan itu berhasil mengamankan 52.480 suara di Sultra.

Sedangkan nomor urut 31 Fatmayani Harli Tombili hampir saja berhasil ikut melenggang ke senayan. Karena mantan Ambasador Unissula Semarang itu hanya beda tipis dengan suara dr. Dewa Putu Ardika Seputra, yakni selisih 222 suara. Fatmayani Tombili hanya mampu mendulang 52.258 suara.

Sementara itu, nama calon DPD RI incumbent Yusran Silondae dan Wa Ode Hamsinah Bolu tergeser dari kursinya. Yusran Silondae hanya berada di posisi ke 6 dan Wa Ode Hamsinah Bolu berada di urutan ke 8. Pengganti Antar Waktu (PAW) DPD RI dari Muliati Saiman, Yasin Welson Lajaha juga gagal merebut kursi di DPD RI. Yasin Welson berada di posisi ke 10 dengan perolehan 35.412 suara.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *