HKN ke-55, Rajiun: Sektor Kesehatan Jadi Fokus Pembangunan Daerah

Keterangan Gambar : Suasana Perayaan HKN ke 55 di Muna Barat (Foto: Sacriel)

MUNA BARAT – Bupati Kabupaten Muna Barat (Mubar), La Ode M Rajiun Tumada mengatakan bahwa Hari Kesehatan Nasional (HKN) adalah momentum penting dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan di Indonesia.

“Hal ini yang akan mengingatkan kita semua, bahwa kesehatan adalah sebuah hak asasi manusia yang harus terus diupayakan dan ditingkatkan menuju pembangunan manusia Indonesia yang lebih sejahtera,” ujar Rajiun, Sabtu (14/12/2019).

Rajiun menambahkan, terwujudnya masyarakat Muna Barat yang sejahtera, demokratis, produktif dan berdaya saing dengan dilandasi nilai-nilai religius adalah visi pemerintah Kabupaten Muna Barat.

“Yang juga menyangkut sektor kesehatan menjadi fokus pembangunan daerah Kabupaten Muna Barat dalam terus menata ketersediaan fasilitas dan infrastruktur publik bidang kesehatan yang mendorong pemenuhan barang dan jasa serta tenaga kesehatan untuk melaksanakan pelayanan kesehatan yang optimal sesuai standar pelayanan minimal bidang kesehatan,” jelasnya.

Sambungnya, dengan berbagai hambatan dan keterbatasan pelaksanaan pelayanan kesehatan ditahun 2019 ini Pemda Mubar terus berupaya untuk meningkatkan layanan kesehatan di Kab Muna Barat.

“Pembangunan tersebut antara lain Pembangunan gedung Puskesmas Tikep, pembangunan gedung pelayanan rawat jalan Puskesmas lawa, Pembangunan Rujab Tenaga kesehatan puskesmas Tiworo Tengah dan rehabilitasi bangunan Puskesmas Tiworo selatan,” ungkapnya.

Rajiun menyebut, penyediyaan peralatan kesehatan terus diupayakan dengan seluruh dukungan anggaran pemerintah untuk memenuhi kebutuhan peralatan yang mampu meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Akreditasi pada tujuh Puskesmas Tahun 2019 dan merupakan tahap akhir dari pelaksanaan akreditasi awal untuk seluruh puskesmas di kab Muna Barat.

“Hal ini merupakan upaya perbaikan kualitas layanan puskesmas yang lebih baik untuk mendukung tersediyaan layanan yang berkualitas bagi masyarakat dan fasilitas RSUD Kab Muna Barat juga terus ditingkatkan gedung serta peralatan kesehatan, untuk mendukung pelayanan kesehatan rujukan yang lebih baik,” jelasnya.

Mantan Kasat Pol PP Sultra inipun menyampaikan bahwa jaminan kesehatan nasional yang bersumber dari APBD Kab Muna Barat terus kami tingkatkan sampai dengan Tahun 2019 telah membiayai lebih kurang empat puluh ribu jiwa masyarakat Kab Muna Barat.

“Hal ini merupakan komitmen Pemerintah Kab Muna Barat terhadap keberpihankan anggaran untuk kesejahteraan masyarakat dibidang kesehatan. Hari ini kita melaksanakan Gerak jalan dan senam jantung Sehat dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 55 Tahun 2019 dengan Tema secara Nasional adalah “Generasi Sehat Indonesia Unggul”, tuturnya.

“Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk memaknai tema tersebut dengan perwujudan nyata penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat menjadi sebuah kebiasaan dan pola hidup sehat yang mempersiapkan genarasi masa depan Indonesia yang sehat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari – hari,” harapnya.

Sementara itu, Kadinkes Mubar, Hidayat mengatakan bahwa Hari Kesehatan Nasional yang ke-55 Tahun 2019 dengan tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul’ sebagai jargon spirit bagi para tenaga pelayanan kesehatan dalam bekerja dan menjalankan serta melayani masyarakat.

“Untuk itu kami dibulan Desember ini ada tujuh Puskesmas melakukan akreditasi dan diantaranya mendapatkan nilai bintang tiga. Hal ini dilakukan semata-mata untuk peningkatan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat,” tutupnya.

Untuk diketahui bersama bahwa pada kegiatan perayaan HKN yang ke-55 Tahun tersebut, di hadiri langsung Bupati dan Wabup Mubar, Sekda, Ketua DPRD Mubar, Anggota DPRD, Dandim Muna, Wakapolres, Asisten 1, Staf Ahli, beberapa Kepala OPD, serta seluruh staf Puskesmas dan para Kader. Pada akhir kegiatan HKN tersebut dilakukan pengundian kupon hadiah.

Laporan: Sacriel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *