Guru di Konkep Menjadi Team Leader KGP Sekolah Guru Indonesia

Keterangan Gambar : Guru SDN 7 Wawonii Barat, Nardis, M.Pd (Foto: IST)

KONAWE KEPULAUAN – Menjadi guru di daearah terpencil bukan menjadi halangan untuk terus berkarya. Akan tetapi, hal itu bisa menjadi penyemangat untuk bisa mengembangkan pendidikan yang ada di daerah tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Nardis, M.Pd. Guru yang baru lulus PNS tahun 2018 di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) ini, terus mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi profesinya.

Salah satu pelatihan yang diikuti adalah Kolaborasi Guru Pemimpin. Kolaborasi Guru pemimpin atau disingkat dengan KGP adalah salah satu program pelatihan yang diselengagrakan oleh Sekolah Guru Indonesia (SGI) Dompet Dhuafa.

“SGI Dompet Dhuafa ini merupakan aksi kolaborasi guru dalam berinovasi menciptakan pendidikan yang berkualitas di Era Pandemi Covid-19 dengan menerapkan Siklus Pembelajaran Startup Project Leadership,” ujar Nardis kepada Potretsultra.com, Senin (5/4/2021).

Lebih lanjut Nardis menjelaskan, Startup Project Leadership adalah suatu siklus pembelajaran berbasis kolaborasi kepemimpinan guru bersama siswa dalam memecahkan permasalahan teraktual melalui rintisan usaha yang inovatif dan produktif.

“Siklus ini terdiri dari 3 tahapan yaitu inkubasi, Startup, dan mobilisasi,” jelasnya.

Pamflet Nardis, M.Pd Bersama Guru Pemimpin yang akan Didampinginya (Foto: IST)

Pamflet Nardis, M.Pd Bersama Guru Pemimpin yang akan Didampinginya (Foto: IST)

KGP di tahun 2021 ini merupakan Angkatan ke dua yang diikuti oleh 500 guru di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya adalah Nardis, M.Pd yang merupakan guru SDN 7 Wawonii Barat.

“Saya melakukan pendaftaran dan diterima sebagai Team Leader yang bertugas melakukan rekruitmen, pendampingan Startup project leadership para guru peserta Kolaborasi Guru Pemimpin,” terang Nardis.

“Kegiatan ini launching pada tanggal 26 Februari 2021 lalu dan akan berakhir pada tanggal 4 Mei 2021 nanti,” pungkasnya..

Adapun peserta atau guru pemimpin yang akan didampingi oleh Nardis, tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Siti Nurlaila, S.Pd (Provinsi Banten)
  2. Tini Suhartini, S.Pd (Provinsi Banten)
  3. Ilham, M.Pd (Provinsi Jambi)
  4. Hadiatus Sarifah, S.Pd (Provinsi Kepulauan Bangka Belitung)
  5. Nurhasanah, S.Pd (Provinsi Riau)
  6. Halimah, S.Pd (Provinsi Sulawesi Tenggara)
  7. Aprihan Rizal Sutrisno, S.Pd (Provinsi Sulawesi Tenggara)
  8. Afni Rismayanti, S.Pd (Provinsi Sumatera Barat)
  9. Aida, S.Pd (Provinsi Sumatera Barat)

Laporan : Eka
Editor: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *