Genjot Pariwisata, Pemda Konkep Bakal Poles Wisata Kali Biru Mosolo

Keterangan Gambar : Panorama Indah Kali Biru di Desa Mosolo (Foto: IST)

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Pulau Wawonii dikenal sebagai salah satu daerah yang menyimpan banyak keindahan alam untuk dijadikan sebagai spot berwisata.

Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) tak tinggal diam terhadap potensi wisata yang besar itu. Melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parmudora), Pemda Konkep terus bergeliat memoles dan melakukan pengembangan di sejumlah destinasi wisata Pulau Wawonii itu.

Selain Pantai Kampa dan Air Terjun Tumburano, Konkep juga memiliki wisata yang tak kalah menarik dipandang seperti wisata Kali Biru di Mosolo.

“Semua destinasi wisata apalagi yang sudah terbentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdariws, red) akan kita seriusi untuk pengembangan wisatanya,” ujar Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Armin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (31/8/2021).

Dalam Rencana dan Strategi (Renstra) Pemda Konkep, lanjut Armin, Dinas Parmudora sudah memasukan beberapa objek wisata unggulan daerah yang akan serius dikembangkan, termasuk dengan Kali Mosolo dan Pantai Tengkera di Kecamatan Wawonii Tenggara.

“Termasuk Kali Biru di Mosolo, rencananya akan diplotkan anggaran untuk tahun 2022 mendatang. Mudah-mudahan tidak ada kendala dan Covid-19 ini segera berakhir,” katanya.

Armin berharap, adanya kolaborasi anggaran antara Pemda melalui APBD dan Pemerintah Desa (Pemdes) melalui Dana Desa dapat memudahkan destinasi wisata untuk dikembangkan.

“Yang kami harapkan ini ada kolaborasi dari desa dengan Dinas Pariwisata, jadi nanti akan terbagi porsi anggaran mana yang akan dibangun oleh Dinas Pariwisata dan mana yang akan dibangun oleh desa,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pariwisata Konkep, Wawan Orinawa menjelaskan, dalam dekat ini tim konsultan perencanaan dari Parmudora akan diturunkan untuk melakukan survei di Kali Biru Mosolo. Selanjunya hasil dari survei itu akan dimasukan dalam Detail Engineering Design (DED) sebagai rujukan dalam membuat perencanaan secara detail.

“Jadi sebelum itu kami akan turunkan dulu tim konsultan perencanaan agar dibuatkan DED, supaya nanti akan tertata rapi,” jelas Wawan.

Termasuk nanti melalui DED ini, tambah wawan, bisa akan memberikan masukan ke desa apa-apa yang tepat untuk dibangun berdasarkan hasil survei tim konsultan di lapangan. “Supaya nanti tidak akan tumpang tindih pembangunannya antara Dinas Pariwisata dan desa,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mosolo Zabarudin mengaku sangat mendukung rencana Pemda Konkep yang bakal berkolaborasi dari sisi anggaran dalam memoles keindahan wisata Kali Biru Mosolo. Kata dia, diharapkan dinas pariwisata nanti akan membangun infrastruktur dan sarana pendukung lainnya dalam menunjang pengembangan wisata Kali Biru.

“Kami berharap, Dinas Pariwisata ini dapat membangun jembatan gantung menuju wisata, gazebo, dan MCK. Nanti kami di desa akan membangun areal parkir dan membuat tanggul kali,” kata Zabarudin.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *