Gelar Pelatihan di Ranomeeto, PKM Fakultas Pertanian UMK Target Lolos PIMNAS

Keterangan Gambar : Anggota Kelompok PKMM Faperta UMK Bersama Masyarakat Desa Kota Bagun, Kecamatan Ranomeeto (Foto: Jarman)

KENDARI – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat  (PKM-M) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) menggelar pelatihan kepada masyarakat di Desa Kota Bagun Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan, pada Senin (17/06/2019) lalu.

PKM-M tersebut berjudul Solar Draying Teknologi: Inovasi Pengolahan Tepung Sagu Instan sebagai Pengganti Tepung Terigu. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh Dosen Pembimbing beserta mitra yang tergabung dalam kelompok Pembinaan Kesehatan Keluarga  (PKK) Kota Bagun Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan.

Ketua Tim PKM-M ini, Endar Tri Utami mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakannya tersebut terdiri atas beberapa tahap yang dimulai dari pemberian materi kewirausahaan kemudian dilanjutkan dengan presentasi materi serta praktek langsung pengolahan sagu basah menjadi tepung sagu.

“Ini ada beberapa tahap, pertama kita berikan materi kewirausahaan kepada masyarakat, kemudian dilanjutkan pada praktek langsung tentang bagaimana pengolahan sagu basah menjadi tepung terigu,” ujar Endar kepada Potretsultra.com.

Sementara itu, menurut Zuraida ZA yang merupakan koordinator peserta mitra menyambut dengan antusias kegiatan pelatihan yang diadakan oleh keloompok mahasiswa dari Universitas Muhamadiyah Kendari itu. Dia berharap agar kegiatan ini berkelanjutan karena sangat bermanfaat bagi ibu PKK. Lanjutnya, dia juga berharap agar melalui kegiatan ini dapat terbentuk unit usaha oleh ibu PKK dan menjadi sumber pendapatan dalam membantu perekonomian keluarga.

“Besar harapan kita agar ini dapat membantu perekonomian keluarga di Desa Kota Bagun,” harapnya.

Di tempat yang sama, dosen yang bertindak sebagai pendamping PKM-M dari Fakultas Pertanian UMK tersebut, Asriani menuturkan, bahwa luaran kegiatan ini dapat menciptakan produk baru berupa tepung sagu yang dapat menjadi alternatif pengganti terigu. Selain itu, karena kelompok PKM-M yang diketuai Endar Tri Utami ini lolos Dikti, Asriani berharap agar kelompok tersebut bisa lolos dan melanjutkan kompetisinya ke tingkat Pekan Ilmian Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

“Harapannya PKM-M dari kampus UMK ini bisa lolos ke PIMNAS,” tandasnya.

Laporan: Jarman
Editor: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *