Dukung Program Mendikbud “Kampus Merdeka”Unsultra Bakal Terapkan Pembelajaran Digital System Aplikasi LARK

Keterangan Gambar : Selasa 28 April 2020,melalui video Conference Rektor Unsultra Prof Andi Bahrun,diundang lansung oleh Tim LARK hadir dalam acara training Learning managemet System (LMS) guna mendukung manajement Unsultra dan pembelajaran secara daring (Foto:Ist)

Potretsultra

KENDARI- Upaya untuk meminimalisir penyebaran virus Corona atau Covid-19 mengharuskan perguruan tinggi menggunakan sistem perkuliahan online.Berbagai macam opsi digunakan seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta agar mendapatkan pola sistem perkuliahan online yang nyaman efektif termasuk pemilihan aplikasi yang digunakan.

Salah satunya,perguruan tinggi Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) ditawari untuk bekerjasama dalam mendukung proses pembelajaran secara daring melalui aplikasi LARK yang berkedudukan di Singapura.Hari ini tepatnya Selasa 28 April 2020,melalui video Conference Rektor Unsultra  diundang lansung oleh Tim LARK hadir dalam acara training Learning managemet System (LMS) guna mendukung manajement Unsultra dan pembelajaran secara daring.

Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) Prof Dr Ir H Andi Bahrun MSC Agric,mengaku,dirinya terus menginisiasi program perkuliahan mahasiswa ditengah dampak Covid 19,salah satunya untuk mendukung program perkuliahan bakal menerapkan Learning Management System (LMS) Unsultra atau pembelajaran berbasis digital melalui via aplikasi LARK.

Andi Bahrun,menjelaskan,keunggulan aplikasi LARK ini terletak dari panggilan video adalah pengguna bisa berbagi layar atau Lark Doc (baik melalui destop maupun mobile) dan dapat mengeditnya secara bersamaan selama panggilan video.Panggilan video pun dapat diikuti  siapa saja tanpa harus masuk group.Begitupula penggguna dapat mengundang orang luar.

Selain itu platform  all in one asal singapura lark dapat kolaborasi satu pintu,memberdayakan tim bekerja lebih baik lebih cepat.Lark menggabungkan lima fitur utama perangkat kerja online diantaranya mesanger,video coferencing,calender, document, dan workplace.

Sambungnya,perusahaan digital asal singapura memunkinkan pengggunanya menggunakan berbagai macam perangkat online dalam satu aplikasi.Disebut lark platforom kolaborasi digital ini dibuat oleh perusahaan lark tecnologies pte.ltd.Layanannya telah masuk beberapa negara di Asia Tengggara termaksud Indonesia,Singapura,Malaysia,Thailand dan Vietnam.

Dikatakanya,kehadiran lark mendukung upaya pemerintan untuk kerja jarak jauh atau work for home.Tidak hanya para pekerja lark pun sudah diakui oleh UNESCO sebagai platform untuk membantu para siswa-siswi orang tua dan guru dalam menfasilitasi proses belajar mengajar siswa dan mahasiswa serta sebagai alat interkasi sosial selama karantina covid.

Disamping itu gratis bagi penggunaan aplikasi berskala besar (200 Giga),dan jumlah peserta unlimited (tidak terbatas),waktu juga tidak terbatas.LARK itu nama aplikasi sama seperti ZOOM hanya lebih terintegrasi dengan fitur-fitur yang ada.

“Akan ditindaklanjuti dalam memorandum of agreement antara LARK dan Unsultra.Penyelenggara LARK,akan mendapatkan sertifikat.Sehingga dapat dikatakan International Training yang dilaksanakan oleh LARK.Kita sebagai peserta,”ujar Andi Bahrun,Selasa (27/4/2020).

Menurut Andi,aplikasi LARK ini betul-betul akan mendukung iplementasi dari pada program LMS atas pembelajaran berbasis digital.Aplikasi ini kelihatan lebih baik karena terintegrasi semua fitur-fitur yang ada disampaing itu penggunaanya gratis dan sifatnya jangka panjang tidak hanya dalam pendemik covid ini digunakan.

“Insya Allah dengan adanya dukungan aplikasi LARK dapat meringankan mendukung system pembelajaran online di Unsultra,”ujarnya.

Ia berharap,dengan adanya dukungan aplikasi LARK ini benar-benar Unsultra akan melaksankan system pembelajaran online secara baik terarah dan terintegrasi.Kepada dosen dan mahasiswa benar-benar memanfaatkan aplikasi LARK tersebut,secara maksimal sehingga target semua program studi masing-masing itu bisa tercapai.

“Saya menyakini kedepan dengan adanya dukungan LARK ini Unsultra akan menjadi penyelenggara juga system pembelajaran digital yang baik.Dan bisa mendukung implementasi daripada kampus merdeka yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan(Kemndikbud,”terang Andi .

Masih Andi Bahrun,selama pendemik covid 19 pembelajaran dirumah sudah di laksanakan dan kemarin itu menggunakan aplikasi ZOOM.”Kita evaluasi dari hari perhari
kendala mereka adalah signal kemudian aplikasi ZOOM agak mahal.Kelihatanya dengan adanya LARK ini progran terintegrasi,” jelasnya.

Dosen Universitas Halu Oleo menambahkan,aplikasi LARK ini bisa join dengan perguruan tinggi lain,Unsultra diajak kerjasama dengan LARK Singapura,merupakan Perguruan tinggi ke 5 dari perguruan tinggi di Indonesia.

Laporan:La Ismeid

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *