Dinilai Berhasil, Program Beasiswa Wawonii Cerdas Diapresiasi

Keterangan Gambar : Bupati Konkep, Ir H Amrullah, MT Bersama Para Narasumber dalam Dialog Pendidikan

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Keberhasilan Beasiswa Wawonii Cerdas yang digagas oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) diapresiasi oleh sejumlah pihak.

Duetnya Bupati Konkep, Amrullah dan Wakilnya Andi Muhammad Lutfi dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Beasiswa Wawonii Cerdas diapresiasi oleh para narasumber dalam dialog pendidikan yang digelar Aliansi Mahasiswa Wawonii dengan tema ‘Menakar Keberhasilan Pembangunan SDM Melalui Program Beasiswa Wawonii Cerdas’ di aula pendopo Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Konkep, Selasa (1/9/2020).

Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universitas Halu Oleo (UHO), Armid, S.Si, M.Si, M.Sc, DSC sebagai narasumber dialog memberi apresiasi ke Pemda Konkep yang dinahkodai Amrullah – Andi Muh Lutfi itu. Dengan adanya beasiswa ini, menurut Armid, ada ruang terbuka lebar kepada semua putra-putri terbaik Konkep untuk melanjutkan pendidikan hingga sampai ke jenjang S3.

“Mari kita dukung program ini, program beasiswa ini patut diapresiasi. Manfaatkan beasiswa ini dengan sebaik-baiknya, apalagi anggarannya sangat besar, generasi Wawonii harus kuliah sampai S3,” ujar Armid.

Tak hanya itu, Armid juga menyebut Pemda Konkep merupakan satu-satunya daerah di 17 kabupaten/kota yang menggelontorkan anggaran beasiswa dengan anggaran yang sangat fantastis yakni Rp 6,5 Miliar.

“Sudah beasiswa Konkep ini yang paling besar anggarannya dibanding daerah lain se Sulawesi Tenggara dan menyentuh ke semua mahasiswa,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Konkep, Ir Amrullah, MT dalam dialog tersebut berharap agar program unggulan Beasiswa Wawonii Cerdas ini dimanfaatkan dengan baik. Agar kelak generasi-generasi terbaik Pulau Wawonii ini dapat mengabdikan diri membangun daerah tercinta Kabupaten Konawe Kepulauan.

Selain itu, Bupati yang jebolan magister Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini juga sangat mengharapkan, melalui program Beasiswa Wawonii Cerdas yang terus digelontorkan tiap tahun ini dapat menghasilkan generasi Konkep yang sampai ke level ‘Profesor’ atau gelar kehormatan ‘Guru Besar’.

“Mudah-mudahan kedepan saya bisa menghadiri undangan pengukuhan Guru Besar dari anak-anak Pulau Wawonii ini,” harapnya.

Tidak hanya meminta kuliah di dalam negeri, Amrullah bahkan memotivasi para mahasiswa 7 kecamatan se Konkep yang menghadiri dialog pendidikan tersebut supaya harus melanjutkan pendidikan tinggi hingga ke universitas-universitas luar negeri.

“Saya harap kalian anak-anakku jangan stop sampai disini, saya berharap ada puluhan bahkan ratusan anak Konkep yang bisa mengenyam pendidikan sampai ke luar negeri,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Konkep, Ishak SE menegaskan, pihaknya sangat berkomitmen mengawal keberlanjutan program Beasiswa Wawonii Cerdas ini. Karena kata dia, ini adalah amanah undang-undang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Kita di DPRD sangat komitmen mengawal program Beasiswa Wawonii Cerdas. Apalagi telah terbukti dapat menaikkan angka Indeks Pembangunan Manusia Konkep, ini tidak bisa kita pungkiri karena pengaruh signifikan dari program beasiswa,” kata Ishak.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Drs. Muhammad Yani yang turut hadir sebagai narasumber dalam dialog pendidikan tersebut menjelaskan, program Beasiswa Wawonii Cerdas telah berhasil menggelontorkan anggarannya miliaran rupiah kepada ribuan mahasiswa tiap semester.

Pada tahun 2016, lanjut Yani, Beasiswa Wawonii Cerdas dicairkan ke 811 mahasiswa. Kemudian di tahun 2017 jumlah penerima tahap 1 sebanyak 1.066 mahasiswa dan tahap 2 sebanyak 968 mahasiswa. Lanjut ke tahun 2018, jumlah penerima tahap 1 sebanyak 1.174 mahasiswa dan tahap 2 sebanyak 1.064 mahasiswa. Sedangkan tahun 2019 untuk tahap 1 sebanyak1.234 mahasiswa dan di tahap 2 sebanyak 1.121 mahasiswa. Untuk tahun 2020 ini, tahap 1 sebanyak 1.274 mahasiswa.

Sedangkan Presiden Mahasiswa UHO, Pandy Priyono AS selaku perwakilan mahasiswa Konkep yang hadir sebagai pembicara juga mengakui bahwa program Beasiswa Wawonii Cerdas telah berhasil meningkatkan IPM Konkep.

“Di tahun 2013 skor IPM Konkep berada di angka 61,15, namun sejak adanya beasiswa ini langsung meningkat 64,36 di tahun 2018,” bebernya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *